PEMBAYARAN HUTANG TERHADAP INVOICE YANG MEMILIKI KATEGORI (PAJAK, PEMBULATAN DAN CATATAN PEMBAYARAN) DALAM ACCOUNT PAYABLE SECTION BUMI SURABAYA CITY RESORT

Sarah Ayu Saputri, 151511113006 (2018) PEMBAYARAN HUTANG TERHADAP INVOICE YANG MEMILIKI KATEGORI (PAJAK, PEMBULATAN DAN CATATAN PEMBAYARAN) DALAM ACCOUNT PAYABLE SECTION BUMI SURABAYA CITY RESORT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak kkb kk-2 fv.mp 53-18 Sap p-min.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULLTEXT)
kkb kk-2 fv.mp 53-18 Sap p-min.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dapat disimpukan bahwa account payable section merupakan salah satu department pada finance department yang berfungsi menangani proses pembayaran hutang hotel baik kepada supplier atau kepada dinas – dinas pemerintahan. Di Bumi Surabaya City Resort, account payable section bekerja sama dengan cost audit section dan purchasing department dalam hal pembayaran invoice kepada supplier untuk pembelian bahan – bahan keperluan operasional hotel melalui receiving report. Account payable section juga bekerja sama dengan accountant untuk menangani pembayaran beban – beban hotel kepada supplier – supplier tertentu ataupun kepada dinas pemerintahan melalui dokumen request for cheque . Terdapat tindakan khusus pada invoice yang dikirimkan oleh supplier yang memiliki tiga jenis kategori yaitu : Pajak , Rounded serta Catatan Pembayaran. Tahap pertama sebelum dilakukan pembayaran ialah menindaklanjuti invoice yang memiliki tiga jenis kategori tersebut. Tindak lanjut pada invoice yang memiliki nilai pajak ialah dengan mengurangi jumlah bruto invoice tidak termasuk Pajak Pertambahan Nilai , adapun besaran potongan disesuaikan dengan jenis objek pajaknya . Tindak lanjut pada Invoice yang memiliki nilai Rounded ialah mengurangi nominal rounded bila overage atau nilai pada sistem lebih besar daripada invoice yang dikirimkan oleh supplier dan menambahkan nilai rounded apabila shortages atau nilai pada sistem lebih sedikit daripada tagihan invoice yang dikirikan oleh supplier. Tindak lanjut terhadap invoice yang memiliki catatan pembayaran ialah melakukan penyimpanan tersendiri agar tidak terjadi keterlambatan dalam proses pembayaran yang telah disepakati antara pihak supplier dengan purchasing department sebelumnya . Tahap kedua yaitu proses pengajuan pembayaran invoice kepada para pemangku kepentingan, tahap selanjutnya merupakan proses pembayaran invoice kepada supplier melalui bank atau melalui general cashier serta tahap terakhir ialah penyimpanan dokumen setelah selesai dilakukan pembayaran . Permasalahan yang terjadi dalam pembayaran invoice yang memilki tiga kategori ialah karena ketidaktelitian dalam melakukan pengecekan invoice dari receiving report serta miss communication antara pihak supplier, account payable staff dan cost audit staff . Secara keseluruhan proses pembayaran invoice yang ada di Bumi Surabaya City Resort sudah benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta bila terjadi permasalahan atau kesalahpahan dengan supplier Pihak Bumi Surabaya City Resort memberikan penjelasan bahwa yang dilakukaan sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang berlaku . .

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP 53/18 Sap p
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Sarah Ayu Saputri, 151511113006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNUR EMMA SURIANI, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:20
Last Modified: 21 Jan 2019 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79241
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item