ANALISIS PENERAPAN STANDART OPERATING PROCEDURES KERJA PADA KITCHEN MALAY SECTION DI NEW YORK HOTEL MALAYSIA

Wendy Marita, 151511113046 (2018) ANALISIS PENERAPAN STANDART OPERATING PROCEDURES KERJA PADA KITCHEN MALAY SECTION DI NEW YORK HOTEL MALAYSIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak kkb kk-2 fv.mp 55-18 Mar a-min.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
kkb kk-2 fv.mp 55-18 Mar a-min.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2022.

Download (972kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kitchen Department memegang peranan yang tidak kalah penting dengan bagian-bagian lain yang ada di hotel. Kitchen Department dibagi menjadi beberapa sub bagian yang mempunyai fungsi dan tugas sesuai dengan jenis makanan yang harus disiapkan, seperti Malay Kitchen, Western Kitchen, Chinese Kitchen, Cold Kitchen dan Butcher. Setiap section memiliki peran dan tugasnya masing-masing. Saling bekerja sama memberikan pelayanan dan memproduksi makanan yang baik bagi para tamu hotel. Standart Operating Procedures adalah sebuah dokumen yang berhubungan dengan prosedur yang sedang dikerjakan secara urutan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang memiliki tujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan cost yang serendah-rendahnya. Akan tetapi Standart Operating Procedures pada kitchen department New York Hotel Johor Bahru tidak terlalu lengkap. Dalam kitchen department seharusnya terdapat SOP kerja yang meliputi cara memasak, keselamatan kerja, kegiatan operasional kerja, peraturan dalam kitchen dan lebih banyak lagi. Akan tetapi dalam kitchen department New York Hotel Johor Bahru tidak memiliki SOP tertulis secara resmi. Kitchen department hanya memiliki SOP tentang penggunaan Chiller (cold room), penggunaan uniform, dan standart memasak. Untuk kegiatan operasionalnya sendiri tidak terdapat SOP tertulis yang resmi. Seperti halnya saat buffet lunch dan dinner para chef ikut makan satu ruangan bersama tamu hotel di coffee house Palm Garden New York Hotel. Selain chef, para manager pun ikut makan di dalam restoran tersebut. Seharusnya hal tersebut tidak dilakukan karena coffee house hotel hanya untuk tamu bukan untuk karyawan. Selain itu, saat ingin mengisi ulang makanan buffet seharusnya para waiters yang akan mengambil makanan kedalam kichen dan mengisi ulang makanan buffet yang habis. Sedangkan di new york hotel para staff kitchen yang mengisi ulang makanan, sehingga staff harus keluar masuk kitchen untuk mengisi ulang makanan, seharusnya staff harus berada didalan kitchen tidak boleh berada satu ruangan dengan tamu seperti dilobby, lantai kamar, dan restoran kecuali kitchen artist yang memang bertugas menjaga stand atau stall makanan buffet. Ketidaksesuaian penggunaan SOP dengan realita yang ada menjadi permasalahan dalam kitchen department New York Hotel Johor Bahru.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP 55/18 Mar a
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsEmail
Wendy Marita, 151511113046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDIAN YULIE REINDRAWATI, S.Sos., M.M., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 21 Jan 2019 05:00
Last Modified: 21 Jan 2019 05:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79257
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item