Evaluasi Kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo dalam Program Pelayanan Pengurusan Sertifikasi Tanah

Bayu Iman Iswara, 071311133046 (2018) Evaluasi Kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo dalam Program Pelayanan Pengurusan Sertifikasi Tanah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.97 18 Isw e.pdf

Download (13kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.97 18 Isw e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang pencapaian kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo dalam program pelayanan pengurusan sertifikasi tanah. Penelitian ini dianggap penting, karena adanya permasalahan dalam pengurusan sertifikasi tanah sehingga berdampak pada kinerja suatu instansi jika dilihat dengan indeks kepuasan dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik penentuan informan purposive. Informan penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari, 4 dari birokrasi dan 5 orang dari masyarakat selaku pemohon pengurusan sertifikasi tanah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo dalam progam pelayanan pengurusan sertifikasi sudah responsif terhadap keluhan-keluhan dari masyarakat. Namun memiliki beberapa kendala seperti menurunya jumlah permohonan dan penyelesaian berkas di tahun 2016-2017, waktu penyelesaian yang tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan, serta terkait sarana prasarana masih terdapat keluhan dari mayarakat. Oleh karena itu, masih diperlukan adanya peningkatan pada program pelayanan pengurusan sertifikasi tanah, setelah dilakukan evaluasi tentang kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.97/18 Isw e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kinerja, Pelayanan Sertifikasi Tanah
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Bayu Iman Iswara, 071311133046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:49
Last Modified: 21 Jan 2019 09:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item