KOORDINASI ANTAR INSTANSI DALAM INOVASI LAYANAN PENGADUAN DARURAT COMMAND CENTER 112 DI KOTA SURABAYA

NUR ANISA SETIAWATI, 071411131005 (2018) KOORDINASI ANTAR INSTANSI DALAM INOVASI LAYANAN PENGADUAN DARURAT COMMAND CENTER 112 DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.98 18 Set k.pdf

Download (19kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.98 18 Set k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koordinasi antar instansi dalam layanan pengaduan darurat Command Center 112 Kota Surabaya dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanan koordinasi tersebut. Command Center 112 merupakan sebuah inovasi layanan pengaduan kejadian daruratan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah Kota Surabaya untuk mempercepat penanganan masalah kejadian kedaruratan. Untuk mendeskripsikan koordinasi antar instansi dalam inovasi layanan pengaduan Command Center 112 di Kota Surabaya, teori yang digunakan adalah teori koordinasi horizontal menurut Winardi yang terdiri dari 4 elemen yaitu departementalisasi matriks, pembentukan tim-tim fungsional, satuan-satuan tugas dan personil penghubung. Sedangkan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi koordinasi antar instansi menggunkan teori Hasibuan yang terdiri dari kesatuan tindakan, komunikasi, pembagaian kerja, dan displin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan koordinasi antar instansi terkait sudah koordinatif. Berdasarkan temuan di lapangan bahwa pertama, secara bentuk koordinasi antar instansi pada layanan pengaduan darurat Command Center 112 di Kota Surabaya yaitu koordinasi horizontal. Hal ini dilihat dari 4 elemen koodinasi horizontal, 2 elemen tim-tim fungsional dan personil penghubung sudah diterapkan, namun demikian masih ada 2 elemen belum diterapkan yaitu departementalisasi matriks dan satuan-satuan tugas, karena inovasi Command Center 112 belum memerlukan struktur organisasi dan petugas Command Center sudah mencakup keseluruhan dalam penanganan kejadian darurat. Kedua, faktorfaktor yang mempengaruhi pelaksanaan koordinasi antar instansi terkait, keempat faktor yang terdiri dari kesatuan tindakan, komunikasi, pembagian kerja, dan disiplin sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.98/18 Set k
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan Publik, Koordiasi Antar Instansi, Command Center 112
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUR ANISA SETIAWATI, 071411131005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErna Setijaningrum, Dr., S.I.P., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:57
Last Modified: 21 Jan 2019 09:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item