Pengembangan Kapasitas Organisasi Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya

Evi Maya Odelia, 071411131056 (2018) Pengembangan Kapasitas Organisasi Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.102 18 Ode p.pdf

Download (97kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.102 18 Ode p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan kapasitas organisasi melalui sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. Penelitian ini dianggap penting oleh peneliti karena Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah salah satu sarana di Rumah Sakit yang membantu dalam mengembangkan kapasitas organisasi. Pengembangan kapasitas organisasi adalah suatu proses meningkatkan kemampuan organisasi guna mencapai tujuan yang dicita-citakan. Pengembangan kapasitas organisasi itu memiliki aspek yaitu proses pengambilan keputusan, prosedur dan mekanisme kerja, pengaturan sarana dan prasarana, serta jaringan atau hubungan. Dengan hal tersebut, maka dibutuhkan pengembangan kapasitas organisasi melalui sistem informasi manajemen rumah sakit untuk mampu memenuhi segala keperluan yang menjadi kebutuhan dalam upaya pemberian pelayanan kesehatan secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling untuk pihak internal RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya dan accidental sampling untuk pasien RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menggambarkan bahwa pengembangan kapasitas organisasi melalui sistem informasi manajemen rumah sakit di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya masih terdapat permasalahan yaitu pada aspek sarana prasarana. Dengan masih adanya permasalahan tersebut diperlukan pengembangan kapasitas organisasi karena pengembangan kapasitas organisasi dilakukan dalam mengupayakan penerapan sistem informasi manajemen rumah sakit agar berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.102/18 Ode p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kapasitas Organisasi, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Evi Maya Odelia, 071411131056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSulikah Asmorowati, S.Sos., MdevSt., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Jan 2019 11:14
Last Modified: 21 Jan 2019 11:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item