ANALISIS PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN PENGETAHUAN TERHADAP STATUS PIONIR MEREK PRODUK KOPI INSTAN

MOHAMAD AMRI ZAMAN, 040530910 (2007) ANALISIS PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN PENGETAHUAN TERHADAP STATUS PIONIR MEREK PRODUK KOPI INSTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-zamanmoham-8497-b9108.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-zamanmoham-8497-b9108.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisis perbedaan sikap konsumen berdasarkan pengetahuan terhadap status pionir dalam kategori produk kopi instant dengan membandingkan sikap konsumen terhadap Nescafe sebagai pionir dan Torabika sebagai pengikut. Konsumen dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok 1 adalah konsumen yang mengetahui bahwa Nesacafe merupakan pionir kopi instant dan kelompok 2 adalah konsumen yang tidak mengetahui pionir kopi instant. Hasil penelitian ini yang menggunakan uji sample paired t-test menunjukkan bahwa konsumen kelompok 1 bersikap lebih baik terhadap Nescafe daripada Torabika dengan perbedaan yang signifikan (t hitung : 2.697 > t tabel: 1.678). Atribut produk Nescafe yang lebih dipercaya oleh konsumen kelompok 1 adalah merek. Konsumen kelompok 2 ternyata juga bersikap lebih baik terhadap Nesacafe daripada Torabika dengan perbedaan yang signifikan (t hitung : 2.245 > t tabel : 2.008). Dengan menggunakan uji independent t-test diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan sikap yang signifikan terhadap Nescafe antara konsumen kelompok 1 dengan konsumen kelompok 2. Nilai t hitung berada di daerah penerimaaan H0 yaitu -1.984≤-0.048 (t hitung) ≤ 1.984. Hasil penelitian ini menguatkan penelitian penelitian sebelumya bahwa konsumen mempunyai sIkap yang lebih baik terhadap pionir daripada pengikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK_2 B 91 08 Zam a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING MANAGEMENT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MOHAMAD AMRI ZAMAN, 040530910UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Dwi Utami S., Dra., Ec., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 21 Jan 2009 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item