Analisis Pemasaran Perpustakaan Sekolah Dasar di Kecamatan Tambaksari (Studi Perbandingan Strategi Promosi Perpustakaan Antara SD Mardi Putera dengan SDK Santa Theresia Dalam Pemanfaatan Koleksi)

Anita Maya Sari, 071311633027 (2018) Analisis Pemasaran Perpustakaan Sekolah Dasar di Kecamatan Tambaksari (Studi Perbandingan Strategi Promosi Perpustakaan Antara SD Mardi Putera dengan SDK Santa Theresia Dalam Pemanfaatan Koleksi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.101 18 Sar a.pdf

Download (145kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.101 18 Sar a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.101 18 Sar a.pdf

Download (287kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran atau marketing merupakan strategi pemasaran perpustakaan adalah dimana elemen pemasaran yang digunakan dalam perpustakaan untuk memaksimalkan pendayagunaan sumber daya manusia (pustakawan) dan sumber daya informasi (koleksi) agar tercipta suatu kepuasan bagi kebutuhan dan keinginan penggunanya”. Dengan kata lain, strategi pemasaran perpustakaan dapat diartikan sebagai kiat-kiat yang dilakukan oleh pustakawan untuk menarik dan memuaskan pengunjungnya dengan memaksimalkan pustakawan dan koleksi-koleksi yang dimiliki. Bauran pemasaran dari 4P kemudian berkembang menjadi 7P yakni, Product, Place, Price, Promotion, People, Physical Evidence dan Process. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pemilihan strategi pemasaran dengan menggunakan penerapan yang tepat untuk dapat menjaga konsistensi dan fungsi perpustakaan sendiri. Sehingga, dalam penelitian ini peneliti akan mengkaji lebih dalam terkait dengan membandingkan strategi pemasaran dan promosi dilakukan di dua perpustakaan SD yang memiliki koleksi yang berbeda. Perpustakaan sekolah dasar dinilai sebagai suatu hal utama untuk diperhatikan, karena erat kaitannya dengan keberlangsungan pelayanan pendidikan generasi muda. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel pengguna perpustakaan SD Santa Theresia dan SD Mardi Putera berjumlah 100 responden da pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada semua elemen pemasaran kedua sekolah. Pada hasil penelitian product antara perpustakaan SD Mardi Putera dan SDK Santa Theresia, yang terlihat dari nilai signifikansi equal variances assumed yang sebesar 0,004. Kedua perbedaan place, yang terlihat dari nilai signifikansi equal variances assumed yang sebesar 0,046. Ketiga terdapat perbedaan price, yang terlihat dari nilai signifikansi equal variances assumed yang sebesar 0,036. Pada perbedaan promotion terlihat dari nilai signifikansi equal variances assumed yang sebesar 0,015, dimana nilai ini adalah lebih kecil dari batas signifikansi 0,05. Kemudian perbedaan elemen people menunjukan dari nilai signifikansi equal variances assumed yang sebesar 0,015. Pada perbedaan physical evidence terlihat dari nilai signifikansi equal variances assumed yang sebesar 0,022. Terakhir, pada elemen process terdapat perbedaan process dari nilai signifikansi equal variances assumed yang sebesar 0,006, dimana nilai ini adalah lebih kecil dari batas signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.101/18 Sar a
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan sekolah, Marketing, SDK Santa Theresia, SD Mardi Putera.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Anita Maya Sari, 071311633027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Jan 2019 08:11
Last Modified: 22 Jan 2019 08:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item