PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MAHASISWA SASTRA INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MAHASISWA SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA DALAM MENUNJANG MATA KULIAH BAHASA MADURA)

WISNU NURDIANTOK, 070916041 (2018) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MAHASISWA SASTRA INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MAHASISWA SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA DALAM MENUNJANG MATA KULIAH BAHASA MADURA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.102 18 Nur p.pdf

Download (41kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.102 18 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.102 18 Nur p.pdf

Download (138kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian perilaku penemuan informasi mahasiswa Sastra Indonesia dalam menunjang mata kuliah bahasa madura ini bertujuan untuk mengetahui perilaku penemuan informasi mahasiswa Sastra Indonesia terkait perkuliahan bahasa madura. Acuan dari penelitian ini adalah model ketiga dari teori Wilson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif deskriptif, yang menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, dimana total sampling adalah keseluruhan populasi. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas sastra indonesia di Universitas Airlangga. Penelitian ini dilakukan karena terdapat fenomena yaitu mahasiswa di fakultas sastra indonesia yang mengambil mata kuliah bahasa madura yang kesulitan untuk mendapatkan sumber informasinya. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan informasi dan hambatan apa saja yang timbul dalam perilaku penemuan informasi mahasiswa sastra indonesia dalam menemukan informasi terkait mata kuliah bahasa madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Dengan sampel sebanyak 87 responden yang ditentukan oleh rumus Sugiyono. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen kuesioner. Hasil dari penelitian ini kebutuhan informasi mereka mayoritas membutuhkan informasi untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Hambatan yang sering mereka alami dalam proses penemuan informasi adalah kesulitan bahasa yang belum di kuasi sepenuhnya, dan kurang tersedianya literatur tentang bahasa madura.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.102/18 Nur p
Uncontrolled Keywords: perilaku penemuan informasi, kebutuhan informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
WISNU NURDIANTOK, 070916041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Puspitasari S., S.Kom., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Jan 2019 08:29
Last Modified: 22 Jan 2019 08:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79355
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item