IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA SANTRI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura)

M. HARIS HIDAYATULLOH, 091614553016 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA SANTRI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
TSEI.13-18 Hid i abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text (fulltext)
TSEI.13-18 Hid i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan kewirausahaan dibutuhkan untuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha peserta didik. Sistem asrama yang diterapkan pondok pesantren dinilia efektif dalam pendidikan kewirausahaan karena dengan demikian santri mendapatkan pengawasan penuh dalam perkembangannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren AL-Amien Prenduan dalam upaya menumbuhkembangkan jiwa wirausaha santri, dan tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan kewirausahaan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan sebagai salah satu metode pendidikan kewirausahaan yang mungkin dapat diterapkan di pondok pesantren lainnya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus ekplanatori, dan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis pembuatan eksplanasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha santri dilakukan dengan pemberian teori dan praktek dalam beriwrausaha, serta bimbingan dan pembinaan dari konsultan bidang. Dengan demikan proses pendidikan kewirausahaan dipondok ini adalah pendidikan, pelatihan, bimbingan dan pembinaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI.13/18 Hid i
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurship, Entrepreneurial Spirit, Al-Amien Prenduan Islamic Boarding School.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
M. HARIS HIDAYATULLOH, 091614553016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTika Widiastuti, Dr. ,SE.,M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSri Herianingrum, Dr. , SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2019 10:52
Last Modified: 22 Jan 2019 10:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79364
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item