GAYA HIDUP PENGGEMAR EXO DI SURABAYA TERHADAP PRODUK MERCHANDISE BOYBAND EXO

VINA CHANDRA KARTIKA, 071411731011 (2018) GAYA HIDUP PENGGEMAR EXO DI SURABAYA TERHADAP PRODUK MERCHANDISE BOYBAND EXO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.27 18 Kar g.pdf

Download (174kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.27 18 Kar g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.27 18 Kar g.pdf

Download (200kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena musik pop Korea semakin digemari oleh masyarakat luas, termasuk di Indonesia khususnya yang berkaitan dengan boyband dan girlband asal Korea Selatan, yang mulai banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Penggemar musik pop Korea ini mulai memunculkan hal-hal baru terutama dalam kegiatan berbelanja, yang menjadi salah satu kegiatan penggemar Kpop. Fokus penelitian ini adalah gaya hidup penggemar EXO di Surabaya terhadap produk merchandise boyband EXO. Penelitian ini dilakukan pada penggemar EXO di Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gaya hidup menurut David Chaney (1996) yang berguna untuk mengetahui gaya hidup penggemar EXO melalui gaya busana dan perilaku penggemar EXO dalam berbelanja produk merchandise boyband EXO. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipasi dan wawancara mendalam terhadap informan dan subjek penelitian serta ditunjang dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini, peneliti dapat menggambarkan fenomena perilaku penggemar dalam berbelanja produk sebagai bentuk citra diri mereka sebagai “fangirl” dan juga gaya hidup sebagai seorang penggemar boyband EXO. Alasan pembelian produk merchandise boyband EXO oleh para informan ini meliputi harga produk, keinginan dan tampilan produk, serta terdapat faktor pendukung perilaku penggemar dalam berbelanja, yakni lingkungan sosial pertemanan dan sosial media, sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi perilaku pengemar dalam berbelanja merchandise boyband EXO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.27/18 Kar g
Uncontrolled Keywords: penggemar boyband EXO, gaya hidup, produk merchandise
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
VINA CHANDRA KARTIKA, 071411731011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio Santoso, Drs., M.Sosio.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Jan 2019 11:46
Last Modified: 23 Jan 2019 11:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item