HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGAN USIA MENARCHE SISWI SMP MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA BERDASARKAN KATEGORI INDEKS MASSA TUBUH (IMT)

FRISKA SEPTA RIANTI, 071411731038 (2018) HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGAN USIA MENARCHE SISWI SMP MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA BERDASARKAN KATEGORI INDEKS MASSA TUBUH (IMT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.35 18 Ria h.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.35 18 Ria h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.35 18 Ria h.pdf

Download (905kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menarche dini dan obesitas pada perempuan menjadi salah satu indikator kesehatan pada masyarakat. Menarche atau menstruasi pertama dikatakan dini jika terjadi pada usia di bawah 12 tahun. Kedua kejadian tersebut membawa dampak negatif berupa meningkatnya resiko berbagai macam penyakit diantaranya adalah penyakit kardiovaskuler, hipertensi, diabetes mellitus tipe 2 dan beberapa jenis kanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan usia menarche yang lebih dini pada siswi SMP Muhammadiyah 9 Surabaya berdasarkan kategori Indeks Massa Tubuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 79 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan cross-sectional. Penelitian ini melibatkan pengukuran antropometris, berupa pengukuran IMT yang digunakan untuk mencari nilai Z-Score. Nilai Z-Score berguna untuk penentuan kategori obesitas atau tidak obesitas pada responden yang kemudian akan dianalisis dengan usia menarche siswi SMP Muhammadiyah 9 Surabaya untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang bermakna diantara keduanya. Hasil analisis Chi-Square pada penelitian ini di dapatkan nilai p value > p tabel (0,336 > 0,05), sehingga kesimpulannya adalah H0 diterima dan H1 ditolak atau tidak terdapat hubungan yang signifikan antara obesitas dengan usia menarche dini pada siswi SMP Muhammadiyah 9 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.35/18 Ria h
Uncontrolled Keywords: Obesitas, Menarche dini, IMT (Indeks Massa Tubuh), Z-Score, Chi-Square
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
FRISKA SEPTA RIANTI, 071411731038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMyrtati Dyah Artaria, Prof., Dra., MA., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:30
Last Modified: 24 Jan 2019 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79409
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item