EFEKTIVITAS MATERI PROGRAM JALIN MATRA DALAM RANGKA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI JAWA TIMUR (Studi Kasus di Desa Turi Kec. Jetis Kabupaten Ponorogo)

DWI POERNOMO, 091614453005 (2018) EFEKTIVITAS MATERI PROGRAM JALIN MATRA DALAM RANGKA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI JAWA TIMUR (Studi Kasus di Desa Turi Kec. Jetis Kabupaten Ponorogo). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text (fulltext)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (JALIN MATRA) merupakan program penanggulangan kemiskinan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan memuat data mikro Provinsi Jawa Timur yang diperoleh melalui sensus berdasarkan nama dan alamat (by name by adress) rumah tangga dengan status kesejahteraan terendah. Pelaksanaan Program ini pada tahun 2016 masih belum berjalan sempurna, karena di dalam dasar hukumnya masih terdapat pertentangan perundang-undangan sehingga mekanisme yang selama ini telah dilaksanakan harus disesuaikan. Berawal dari pemberian bantuan berupa uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin berubah menjadi bantuan barang oleh Pemerintah Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 dalam penanggulangan kemiskinan sehingga untuk ke depannya dapat dijadikan pertimbangan keberlanjutan program. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah sosio-legal research dimana pengkajian atas peraturan perundang-undangan sebagai dasar hukum Program Jalin Matra dilakukan selanjutnya ditegaskan dengan penelitian di lapangan melalui wawancara dengan Rumah Tangga Sasaran penerima bantuan program. Hasilnya sesuai dengan harapan pemberi bantuan yaitu bahwa Kepala Rumah Tangga Sasaran Penerima bantuan puas dengan Program Jalin Matra dan memberikan dampak yang cukup positif bagi perekonomian keluarganya. Oleh sebab itu, Jalin Matra dapat dikatakan cukup efektif dalam penanggulangan kemiskinan di Jawa Timur serta dapat menjadi salah satu acuan program pengentasan kemiskinan di daerah lainnya, tentunya dengan menyesuaikan kondisi dan karakteristik wilayah masing-masing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK THPb 06/18 Poe e
Uncontrolled Keywords: Jalin Matra, Kemiskinan, Jawa Timur, Bansos
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum dan Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
DWI POERNOMO, 091614453005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuparto Wijoyo,, Dr. , S.H., M.HumUNSPECIFIED
ContributorProf. Dr. Abd. Shomad, Drs., S.H., M.H.,UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 04:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79411
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item