RELASI SOSIAL PEDAGANG IKAN LAUT DI PASAR PABEAN KOTA SURABAYA

Muhammad Farid, 071411731075 (2018) RELASI SOSIAL PEDAGANG IKAN LAUT DI PASAR PABEAN KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.39 18 Far r.pdf

Download (14kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.39 18 Far r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.39 18 Far r.pdf

Download (200kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasar Pabean merupakan pasar ikan laut terbesar dan tertua di Kota Surabaya. Penelitian ini mengenai aktivitas kerja pedagang, aktivitas distribusi ikan laut dan variasi relasi sosial pedagang ikan laut. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi. Pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan pedoman wawancara pada 9 informan (6 juragan, 2 pemasok, dan 1 Kepala Unit Pengelola Pasar Pabean). Analisis data menggunakan analisis etnografi dengan Teori Ekonomi Personalisme Davis (1973). Hasil dari penelitian ini adalah pertama, aktivitas kerja pedagang ikan laut dimulai saat menerima kiriman pasokan ikan, lalu menjual ikan ikan ke sesama pedagang maupun pembeli, menyimpan ikan laut, hingga melakukan pembayaran ikan laut. kedua, aktivitas distribusi ikan laut di Pasar Pabean secara umum yaitu jalur distribusi ikan laut dimulai dari nelayan melalui pengepul memasok ke pedagang besar. Selanjutnya didistribusikan ke pedagang eceran Pasar Pabean dan pedagang eceran dari pasar-pasar kecil di Surabaya hingga ke tangan pembeli. Saat banjir ikan didominasi ikan laut segar, dan musim ikan sepi didominasi ikan laut bekuan. Ketiga, terdapat 4 (empat) variasi relasi sosial pedagang ikan laut Pasar Pabean, yaitu: (1) relasi sosial antara juragan dan pemasok membentuk ikatan kerabat yang dilandasi oleh nilai saling memahami, saling membantu dan saling percaya; (2) relasi sosial antar juragan membentuk ikatan pertemanan yang dilandasi oleh nilai saling membantu dan saling percaya; (3) relasi sosial antara juragan dan bakul membentuk ikatan kerabat yang dilandasi oleh nilai saling memahami, saling membantu, dan saling percaya; (4) relasi sosial antara pedagang dan pembeli membentuk ikatan langganan yang dilandasi nilai saling percaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.39/18 Far r
Uncontrolled Keywords: pedagang ikan laut, Pasar Pabean, aktivitas kerja, aktivitas distribusi, relasi sosial, ikatan, nilai dan norma.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism > HX1-970.7 Socialism. Communism. Anarchism > HX519-550 Communism/socialism in relation to special topics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Farid, 071411731075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Andriati, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:22
Last Modified: 24 Jan 2019 03:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79423
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item