Perempuan Kuli Panggul di Pasar Pabean Surabaya

Miranti Dwi Yuniarti, 071411733012 (2018) Perempuan Kuli Panggul di Pasar Pabean Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.49 18 Yun p.pdf

Download (40kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.49 18 Yun p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.49 18 Yun p.pdf

Download (208kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dinamika kehidupan para perempuan yang bekerja sebagai kuli panggul di pasar Pabean Surabaya. Kuli panggul pada umumnya adalah pekerjaan yang dikerjakan laki – laki karena membutuhkan tenaga fisik yang besar, namun di pasar ini justru pekerjaan tersebut banyak dilakukan oleh perempuan sehingga peneliti tertarik untuk menelitinya. Penelitian ini ditulis menggunakan metode etnografi untuk memahami budaya yang dilihat melalui sudut pandang para perempuan kuli panggul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi berupa pengambilan foto atau rekaman wawancara yang memudahkan peneliti dalam membuat deskripsi fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak alasan yang melatarbelakangi mereka untuk bekerja sebagai kuli panggul, diantaranya adalah karena mereka tidak memiliki dasar pedidikan yang menunjang untuk pekerjaan yang lebih baik, mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari yang tidak dapat terpenuhi hanya dengan upah yang didapatkan suami, para perempuan kuli panggul tersebut cenderung tidak suka bekerja di bawah tekanan saat bekerja dengan orang lain, oleh sebab itu mereka lebih suka untuk bekerja sendiri, upah yang didapatkan secara harian dapat langsung dibelanjakan untuk makan dan keperluan lainnya, selain itu mereka juga dapat mengatur jam kerjanya sendiri sesuai dengan kemampuan fisik dan kondisi kesehatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.49/18 Yun p
Uncontrolled Keywords: perempuan, kuli panggul, pasar
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Miranti Dwi Yuniarti, 071411733012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPinky Saptandari, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 06:55
Last Modified: 24 Jan 2019 06:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79445
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item