ISENG-ISENG THAILOOK ZONE SURABAYA (Studi Deskriptif Fungsi Komunitas Penggemar Modifikasi Motor Isengiseng Thailook Surabaya bagi Anggotanya)

MOCHAMAD IQBAL, 071411731013 (2018) ISENG-ISENG THAILOOK ZONE SURABAYA (Studi Deskriptif Fungsi Komunitas Penggemar Modifikasi Motor Isengiseng Thailook Surabaya bagi Anggotanya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.50 18 Iqb i.pdf

Download (34kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.50 18 Iqb i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.50 18 Iqb i.pdf

Download (176kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komunitas Iseng-Iseng Thailook Surabaya adalah komunitas modifikasi motor bergaya thailook style yang berasal dari Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fungsi dari komunitas Iseng-Iseng Thailook Surabaya bagi anggotanya. Komunitas ini mewadahi anggotanya untuk menyalurkan minat mereka dalam dunia otomotif khusunya dalam modifikasi jenis thailook Style. Dari fungsi yang dimilikinya peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai komunitas Iseng-Iseng Thailook Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan teori fungsionalisme dari Malinowski. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi komunitas Iseng-Iseng Thailook Surabaya memiliki lima fungsi bagi anggotanya, yang pertama yaitu fungsi sebagai saran menambah pertemanan atau persaudaraan, kedua sebagai media penyalur hobi atau aktualisasi diri bagi para angotanya, ketiga sebagai sarana berbagi informasi seputar dunia otomotif, keempat sebagai sarana berbisnis atau menambah ekonomi dan yang kelima adalah sebagai sarana rekreasi atau hiburan bagi para anggota komunitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.50/18 Iqb i
Uncontrolled Keywords: komunitas, modifikasi, fungsional, thailook
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
MOCHAMAD IQBAL, 071411731013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 07:17
Last Modified: 24 Jan 2019 07:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79448
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item