Strategi Pengusaha Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Batik Gajah Mada Di Desa Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung (Perspektif Teori Moral - Rasional)

Iqke Putri Rahmasari, 071411733006 (2018) Strategi Pengusaha Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Batik Gajah Mada Di Desa Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung (Perspektif Teori Moral - Rasional). AntroUnairDotNet, 7 (3). pp. 282-297. ISSN AntroUnairDotNet

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://journal.unair.ac.id/AUN@strategi-pengusaha-...

Abstract

Batik merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia perlu dilestarikan dandikembangkan. Berbagai upaya untuk mengembangkan batik telah dilakukan daripemerintah, lembaga swasta, dan produsen sebagai pembatik. Untuk itu dilakukan penelitiantentang Strategi Pengusaha Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Batik Gajah Mada, DesaMojosari, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan strategi pengusaha kecil batik Gajah Mada untuk mengembangkanusahanya dan persoalan - persoalan yang dihadapinya. Untuk itu dilakukan penelitian denganmetode pendekatan kualitatif pada bulan Februari sampai dengan Mei 2017. Pengumpulandata dengan observasi, wawancara bebas dan mendalam dan mengumpulkan dokumen yangterkait dengan tema penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teoriekonomi moral dari James Scott dan teori rasional dari Samuel Popkin karena dalammengembangkan usaha batik melibat tenaga kerja keluarga, tetangga dan pengusahaberusaha untuk mendapatkan keuntungan. Keterlibatan tenaga kerja keluarga dan tetanggatentunya memerlukan pendekatan - pendekatan moral untuk menjalin hubungan baik denganAntroUnairdotNet, Vol.VII/No.3/Oktober 2018, hal 283rekan kerjanya. Hasil penelitian ini bahwa persoalan yang dihadapi pengusaha batik adalaha) mengenai bahan baku yang mahal, kualitas tidak sepadan dengan harga, b) tenaga kerjapembatik yang sulit ditemukan, c) kurangnya tenaga kerja pada bagian pengelolaanmanajemen. Strategi pengusaha untuk mengembangkan usahanya a) melibatkan tenaga kerjakeluarga agar upah dapat dinegosiasi, b) mendapatkan modal dari pinjaman bank, koperasidan Disperindag, c) menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi seperti pada zatpewarna dan kain, d) menggunakan hubungan kerabat dalam mengembangkan usahakhususnya pada segi pemasaran, e) menjalin relasi yang baik dengan rekan bisnisnya, f)memasarkan produk melalui media sosial dan mendirikan butik, g) mengikuti pameran danpelatihan yang diadakan oleh Disperindag.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengusaha kecil, strategi moral - rasional, , pengembangan batik , pedesaan Jawa,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Iqke Putri Rahmasari, 071411733006UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 07:52
Last Modified: 24 Jan 2019 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79457
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item