LEGENDA BENAYUK (Studi Deskriptif Folklor Lisan Masyarakat Desa Menjelutung, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara)

Erha Munir, 071411731073 (2018) LEGENDA BENAYUK (Studi Deskriptif Folklor Lisan Masyarakat Desa Menjelutung, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.52 18 Mun l.pdf

Download (107kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.52 18 Mun l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.52 18 Mun l.pdf

Download (144kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berusaha mengkaji sebuah folklor lisan yaitu Legenda Benayuk berdasarkan struktur dan fungsinya pada masyarakat Desa Menjelutung, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara dikarenakan belum banyak yang meneliti hal tersebut sekaligus juga sebagai upaya inventarisasi folklor yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan beberapa tahapan yang digunakan dalam penelitian folklor seperti, pra-penelitian di tempat yang mencakup kegiatan sebelum terjun langsung di lapangan baik melakukan perijinan maupun melakukan studi pustaka terkait fokus penelitian, tahap penelitian di tempat yang sesungguhnya dengan melakukan wawancara, maupun observasi partisipasi, dan tahap pembuatan naskah folklor untuk pengarsipan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Legenda Benayuk sebagai folklor lisan masyarakat Desa Menjelutung memiliki berbagai fungsi, yaitu: a) Legenda sebagai sistem proyeksi atau angan-angan kolektif, b) Legenda mengesahkan pranata atau lembaga kebudayaan, c) Legenda sebagai alat pendidikan anak, d) Legenda sebagai alat pengawas dan pemaksa norma-norma masyarakat agar selalu dipatuhi oleh kolektifnya. Legenda Benayuk dan masyarakat Desa Menjelutung memiliki keterkaitan yang sangat erat, masyarakat Desa Menjelutung membutuhkan Legenda Benayuk sebagai pengatur norma-norma serta perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, serta Legenda Benayuk membutuhkan masyarakat Desa Menjelutung sebagai media pewaris serta penyebaran legenda tersebut agar tetap lestari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.52/18 Mun l
Uncontrolled Keywords: Legenda Benayuk, Fungsionalisme Struktural, Desa Menjelutung, Folklor lisan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
N Fine Arts
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Erha Munir, 071411731073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 07:58
Last Modified: 24 Jan 2019 07:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item