EKSPRESI FIBROBLAST GROWTH FACTOR-2 (FGF-2) PADA CHITOSAN-COLLAGEN-CARBONATE APATITE SCAFFOLD YANG DITANAMI SEL OSTEOBLAS

ALIFIA DEWI RIVANA, 021511133105 (2018) EKSPRESI FIBROBLAST GROWTH FACTOR-2 (FGF-2) PADA CHITOSAN-COLLAGEN-CARBONATE APATITE SCAFFOLD YANG DITANAMI SEL OSTEOBLAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
KG. 18-19 Riv e Abstrak.pdf

Download (542kB)
[img] Text (Fulltext)
KG. 18-19 Riv e.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Scaffold dapat bertindak sebagai filler pada area defek dan membantu proses regenerasi tulang. Chitosan mulai dikembangkan sebagai alloplast karena bersifat biodegradabel, biokompatibel, dan juga dapat mempercepat penyembuhan. Collagen memiliki sifat yang hampir sama dengan chitosan termasuk rekayasa jaringan. Carbonate apatite dapat menjadi scaffold yang ideal untuk regenerasi tulang karena memiliki struktur yang serupa dengan tulang yaitu berpori sehingga memungkinkan untuk pertumbuhan jaringan dan transport nutrisi. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui ekspresi fibroblast growth factor-2 (FGF-2) pada chitosan-collagen-carbonate apatite scaffold yang telah ditanami sel osteoblas. Tujuan: Untuk mengetahui ekspresi FGF-2 pada chitosan-collagen-carbonate apatite scaffold yang telah ditanami sel osteoblas pada hari ke-3, 5, dan 7. Metode: Penelitian eksperimental labolatoris dengan rancangan penelitian post test only group design pada 7 sampel. Pada kelompok kontrol dilakukan penanaman sel osteoblas pada nano chitosan-carbonate apatite scaffold sedangkan pada kelompok perlakuan dilakukan penanaman sel osteoblas pada chitosan-collagen-carbonate apatite scaffold, kemudian diamati peningkatan ekspresi FGF-2 menggunakan Immunohistochemistry (IHC). Hasil dianalisis dengan uji statistik Kruskal-Wallis Test dan Mann-Whitney Test. Hasil: Analisa data terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan pada hari ke ke-3, 5, dan 7. Terdapat peningkatan yang tidak signifikan (p>0,05) pada antar kelompok perlakuan hari ke-3, 5, dan 7. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekspresi FGF-2 pada chitosan-collagen-carbonate apatite scaffold yang telah ditanami sel osteoblas mengalami peningkatan pada hari ke- 3, 5, dan 7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 18-19 Riv e
Uncontrolled Keywords: chitosan-collagen-carbonate apatite scaffold, ekspresi FGF-2, sel osteoblas, bone graft
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ALIFIA DEWI RIVANA, 021511133105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMaretaningtias Dwi Ariani, drg., M.Kes., PhD., Sp.ProsUNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Agustono, drg., M.Kes., Sp.ProsUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Jan 2019 02:52
Last Modified: 25 Jan 2019 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item