JUMLAH SEL YANG MENGALAMI APOPTOSIS PADA MUKOSA OROFARING TIKUS WISTAR YANG DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK SIDESTREAM SEBAGAI DETEKSI DINI KONDISI PRAGANAS

AMALIA YOSI FIRDAUSA, 021511133144 (2018) JUMLAH SEL YANG MENGALAMI APOPTOSIS PADA MUKOSA OROFARING TIKUS WISTAR YANG DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK SIDESTREAM SEBAGAI DETEKSI DINI KONDISI PRAGANAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak KG 44 19 Pat d.pdf

Download (29kB)
[img] Text (Fulltext)
KG. 44 19 Pat d.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Asap rokok merupakan salah satu faktor predisposisi utama kanker mulut, Asap rokok sidestream mengandung bahan karsinogen yang lebih berbahaya dibanding asap rokok mainstream. Deteksi dini kondisi praganas pada orang yang terpapar asap rokok penting untuk dilakukan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker. Jumlah sel yang mengalami apoptosis dapat menjadi salah satu marker adanya kondisi praganas. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penurunan jumlah sel yang mengalami apoptosis pada mukosa orofaring tikus Wistar (Rattus norvegicus) yang diberi paparan asap rokok sidestream. Metode: Tikus Wistar dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu kelompok perlakuan 1 yang dipapar asap rokok selama 4 minggu, kelompok perlakuan 2 yang dipapar asap rokok selama 8 minggu, dan kelompok kontrol yang tidak diberi paparan asap rokok. Jaringan orofaring tikus dari tiap kelompok diperiksa secara histopatologis untuk melihat jumlah sel yang mengalami apoptosis. Hasil: Terdapat peningkatan jumlah sel yang mengalami apoptosis pada kelompok perlakuan 2 dibanding dengan kelompok perlakuan 1. Jumlah sel yang mengalami apoptosis juga ditemukan lebih banyak pada kelompok perlakuan 1 dibanding dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: Tidak terjadi penurunan jumlah sel yag mengalami apoptosis, melainkan ditemukan peningkatan jumlah sel yang mengalami apoptosis pada tikus Wistar yang diberi paparan asap rokok sidestream sebagai deteksi dini kondisi praganas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.44/19 Fir j
Uncontrolled Keywords: Sidestream cigarette smoke, apoptosis, oropharyngeal tissue
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
AMALIA YOSI FIRDAUSA, 021511133144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurina F. Ayuningtyas, drg., M.Kes., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:56
Last Modified: 06 Feb 2019 07:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item