PERILAKU KERJA GURU MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN PASCA SERTIFIKASI DI DUSUN TEGALREJO DESA DATINAWONG, KECAMATAN BABAT, KABUPATEN LAMONGAN

RIA SAFITRI, 071311733009 (2018) PERILAKU KERJA GURU MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN PASCA SERTIFIKASI DI DUSUN TEGALREJO DESA DATINAWONG, KECAMATAN BABAT, KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.53 18 Saf p.pdf

Download (147kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.53 18 Saf p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.53 18 Saf p.pdf

Download (240kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang Perilaku Kerja Guru Madrasah Aliyah Raudlatul Muta’allimin Pasca Sertifikasi di Dusun Tegalrejo, Desa Datinawong, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan belum banyak dilakukan maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut. Rumusan masalah adalah bagaimana perilaku kerja guru pasca sertifikasi. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan perilaku kerja dan peningkatan mutu bekerja guru bersertifikasi baik di lingkungan sosial dalam sekolah dan luar sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penentuan lokasi berdasarkan observasi yaitu sekolah swasta yang memiliki akreditasi A (Unggul) dan mempunyai guru-guru yang sudah bersertifikasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara mendalam pada enam informan (Guru Bahasa Indonesia, Guru TIK, Guru Seni Budaya, dan Guru Fiqih). Data kualitatatif yang didapat dianalisis dengan menggunakan konsep dari Koentjaraningrat tentang sistem pengetahuan dalam kebudayaan. Hasil penelitian ini adalah pengetahuan mengenai perilaku guru pasca adanya sertifikasi di Madrasah Aliyah Raudlatul Muta’allimin. Perilaku ini berupa sikap di lingkungan dalam sekolah dan luar sekolah. Perilaku guru di dalam sekolah pasca sertifikasi adalah menjadi tepat waktu, rajin dalam bekerja dan mengajar di sekolah, menjadi pekerja keras dimana guru tidak hanya mengajar namun mereka juga membuat soal, dan mengkoreksi soal tersebut serta model mendidik juga disesuaikan dari proses PLPG (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru). Guru bersertifikasi memberi informasi pada guru yang belum bersertifikasi tentang pengetahuan dan pengalaman agar dapat lebih mudah dalam mengikuti sertifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.53/18 Saf p
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, lingkungan, mengajar, guru bersertifikasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB2165-2278 Teacher training in universities and colleges
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
RIA SAFITRI, 071311733009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRetno Andriati, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jan 2019 06:08
Last Modified: 26 Jan 2019 06:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79529
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item