STRESS MARKERS PADA CERVICAL VERTEBRAE PEREMPUAN KULI PANGGUL DI PASAR PABEAN SURABAYA (Studi Antropologi Ragawi pada Perempuan Kuli Panggul di Pasar Pabean, Surabaya)

REHULINA GINTING, 071411733014 (2018) STRESS MARKERS PADA CERVICAL VERTEBRAE PEREMPUAN KULI PANGGUL DI PASAR PABEAN SURABAYA (Studi Antropologi Ragawi pada Perempuan Kuli Panggul di Pasar Pabean, Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.60 18 Gin s.pdf

Download (173kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.60 18 Gin s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perempuan kuli panggul yang berada di Pasar Pabean Surabaya melakukan aktivitas membawa beban berat setiap hari dan dilakukan secara berulang-ulang. Beban yang biasadibawa oleh perempuan kuli panggul yaitu berupa karung berisi bawang, kacang, dan berbagai macam rempah dengan berat 20-80 kg dalam sekali angkut. Beban tersebut akan diletakkan di atas kepala dengan bertumpu pada cervical vertebrae, sehingga peneliti berasumsi terdapatstress markers atau tanda pada tulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi stress markers pada perempuan kuli panggul terkait dengan usia, lama masa kerja, intensitas kerja dan beban yang mampu dibawa.Subjek pada penelitian ini adalah 10 orang perempuan yang bekerja sebagai kuli panggul di Pasar Pabean Surabaya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan wawancara, serta menggunakan alatrontgen untuk mempermudah dalam melihat stress markers. Analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang dilakukan berdasarkan hasil rontgenterkait dengan usia, lama masa kerja, intensitas kerja dan beban yang mampu dibawa. Berdasarkan hasil analisis terdapat lima subjek penelitian yang menunjukkan adanya stress markers berupa osteopit pada cervical vertebrae, serta lima subjek penelitian lainnya dengan tulang normal.Munculnya osteopit pada cervical vertebrae perempuan kuli panggul dipengaruhi oleh faktor usia dan lama masa kerja dari setiap individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.60/18 Gin s
Uncontrolled Keywords: stress markers, cervical vertebrae, perempuan kuli panggul
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
REHULINA GINTING, 071411733014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr., Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jan 2019 07:49
Last Modified: 26 Jan 2019 07:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79538
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item