BUDAYA MENGAJAR SISWA SEKOLAH LUAR BIASA TUNAS KASIH KELURAHAN JERUK, KECAMATAN LAKARSANTRI, KOTA SURABAYA

NUR WULAN WATI, 071411733025 (2018) BUDAYA MENGAJAR SISWA SEKOLAH LUAR BIASA TUNAS KASIH KELURAHAN JERUK, KECAMATAN LAKARSANTRI, KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.62 18 Wat b.pdf

Download (151kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.62 18 Wat b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.62 18 Wat b.pdf

Download (199kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budaya mengajar siswa disabilitas penting untuk diteliti karena siswa disabilitas lebih mandiri melalui pendidikan formal di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya. Rumusan masalah penelitian yang pertama:bagaimana kurikulum dan variasi disabilitas di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Lakarsantri Surabaya, keduabagaimana budaya mengajar siswa di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Lakarsantri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi dan wawancara mendalam kepada 10 informan. Teknik analisis data secara kualitatif dengan teori belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan budaya mengajar guru tidak semua menggunakan kurikulum 13 pada siswa disabilitas SD, SMP dan SMA. Kurikulum 13 sebagai wujud sistem budaya yang digunakan pedoman dalam pembelajaran dan disesuaikan dengan variasi disabilitas (tunagrahita, downsyndrome, tunarungu, tunawicara, autis) dan kemampuan siswa. Budaya mengajar pada siswa disabilitas untuk tingkat SD, SMP, SMA lebih fokus pada praktik. Bentuk praktik budaya mengajar ini relatif sama untuk siswa disabilitas tingkat SD, SMP, SMA yaitu berhitung (pengenalan angka dan menjumlahkan angka), membaca (pengenalan huruf dan membaca kalimat), menulis (menyalin kalimat sampai satu halaman), mencuci motor, mengecat bangku, sholat berjamaah, olahraga, menyulam taplak meja, mewarnai dan menari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.62/18 Wat b
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Sekolah Luar Biasa, budaya mengajar, siswa disabilitas, variasi disabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
NUR WULAN WATI, 071411733025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Andriati, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jan 2019 08:13
Last Modified: 26 Jan 2019 08:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79542
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item