ENAMEL HIPOPLASIA PADA TENGKORAK MANUSIA PREHISTORI DARI SITUS MELOLO, SUMBA, NUSA TENGGARA TIMUR

DESYTRI AYU HERINA, 071411733017 (2018) ENAMEL HIPOPLASIA PADA TENGKORAK MANUSIA PREHISTORI DARI SITUS MELOLO, SUMBA, NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.63 18 Her e.pdf

Download (235kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.63 18 Her e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.63 18 Her e.pdf

Download (655kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan budaya yang terjadi pada masa transisi akhir Neolitik menuju awal jaman logam secara perlahan memberikan konsekuensi terhadap masalah kesehatan suatu populasi. Perubahan gaya hidup yang terjadi pada masa transisi mengakibatkan munculnya stres masa pertumbuhan yang harus dihadapi oleh populasi yang hidup pada masa transisi. Penyebab munculnya stres masa pertumbuhan adalah kondisi lingkungan tempat tinggal yang tidak seimbang, tekanan gizi, munculnya penyakit, perubahan pola diet, dan meningkatnya jumlah kepadatan populasi. Stres masa pertumbuhan yang dialami oleh individu dapat terekam pada tulang dan gigi sebagai suatu patologi. Sebab, tulang dan gigi adalah bagian tubuh yang plastis dan dinamis. Patologi yang dapat terekam pada gigi sebagai indikator stres adalah Enamel Hipoplasia (EH). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemunculan EH pada sisa rangka manusia prehistori dari situs Melolo. Kemunculan EH diidentifikasi secara makroskopis dan menggunakan metode fotografi dengan tehnik Alternative Light Source sinar UV untuk dokumentasi. EH pada sisa rangka manusia prehistori dari Melolo memiliki jenis lekuk yang mendatar atau horizontal yang disebut dengan Linier Enamel Hipoplasia (LEH). EH dengan jenis LEH dimiliki oleh 3 individu dari Melolo sebagai sebuah respon dari perkembangan kehidupan transisi dari jaman akhir Neolitik menuju awal jaman logam dengan corak agrikultur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.63/18 Her e
Uncontrolled Keywords: Masa Transisi, EH, LEH, Situs Melolo
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF1-900 Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN700-890 Prehistoric archaeology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
DESYTRI AYU HERINA, 071411733017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr., Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jan 2019 08:19
Last Modified: 26 Jan 2019 08:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item