REPRESENTASI STREET CULTURE YANG DITAMPILKAN DALAM YOUTUBE H&M

Wahyu Tri Kuntari, 071411531007 (2018) REPRESENTASI STREET CULTURE YANG DITAMPILKAN DALAM YOUTUBE H&M. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.107 18 Kun r.pdf

Download (17kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.107 18 Kun r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.107 18 Kun r.pdf

Download (322kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi street culture yang ditampilkan pada youtube H&M yang berjudul H&M Loves Choachella, Street Style Berlin, Street Style : Brooklyn NightLife, dan Street Style Paris. Street Culture sering diidentikkan dengan masyarakat arus bawah yang melakukan aktivitas diruang perkotaan yang jarang terjamah oleh masyarakat. Representasi Street Culture menjadi penting karena subkultur sering kali digambarkan dengan hal-hal negatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana representasi Street Culture ditampilkan pada youtube H&M. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi semiotika milik Roland Barthes. Untuk Tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah Fashion Sebagai Identitas dan Bentuk Representasi diri, Street Culture, Konsep Kebebasan, Semiotika Roland Barthes, dan Youtube dan Budaya Visual. Berdasarkan analisis, temuan yang didapatkan adalah representasi street culture yang ditampilkan dalam youtube H&M meliputi Gaya hidup, Fashion street style sebagai bentuk perlawanan, dan kebebasan sebagai bentuk aktualisasi diri. Dari analisis tersebut peneliti mendapati berbagai mitos tentang street culture. Mitos yang sering dihadirkan adalah tentang perbedaan status sosial yang ditujukkan dengan gedung tua sebagai simbol pembatas atas sub-kultur tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.107/18 Kun r
Uncontrolled Keywords: Street Culture, Fashion, Representasi, Semiotika Roland Barthaes, H&M
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Wahyu Tri Kuntari, 071411531007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jan 2019 08:36
Last Modified: 26 Jan 2019 08:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79545
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item