SINTESIS DAN KARAKTERISASI AgNPs-PVA HYDROGEL SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI PADA ENDOTRACHEAL TUBES UNTUK MENCEGAH VENTILATOR-ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP).

AKBAR ADRIAN RAMADHAN, 081411733010 (2018) SINTESIS DAN KARAKTERISASI AgNPs-PVA HYDROGEL SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI PADA ENDOTRACHEAL TUBES UNTUK MENCEGAH VENTILATOR-ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (abstrak)
ST.T.02-19 Ram s abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text (fulltext)
ST.T.02-19 Ram s.pdf
Restricted to Registered users only until 28 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ventilator-associated Pneumonia (VAP), yang merupakan infeksi paling sering terjadi pada pasien ICU. Penggunaan ventilator mekanik seperti intubasi endotracheal tubes berperan aktif sebagai reservoir untuk kolonisasi bakteri di paru-paru, yang dapat berkembang dengan cepat menjadi multiple-antibiotic resistant biofilms. Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus diidentifikasi sebagai penyebab utama dengan 41,7% dan 36,7% kasus VAP dikaitkan dengan mikroorganisme ini. Pada penelitian ini AgNPs disintesis secara kimia dengan metode reduksi Gallic acid dan Polyvinyl alcohol (PVA) disintesis dengan pendekatan sederhana sintesis hidrogel dengan mengandalkan teknik physical cross-linking. Hidrogel kemudian diberi agen antibakteri AgNPs, hidrogel tersebut didesain dengan sifat mekanik yang mirip atau mendekati sama dengan endotracheal tubes konvensional untuk memastikan fleksibilitas dan ketahanan lapisan hidrogel terhadap tekanan serta untuk memastikan tidak ada perubahan yang besar terhadap elastisitas dari Endotracheal Tubes (ETT) itu sendiri. Terdapat 3 variasi konsentrasi AgNPs yang disintesis dalam penelitian ini yaitu 0,17 %, 0.85 %, dan 1,7 %. Sintesis AgNPs dengan metode reduksi Gallic acid menghasilkan nanopartikel perak dengan ukuran rata-rata 9,8 nm. Analisa XRD menunjukkan persentasi Ag sebesar 100 % berstruktur kristal cubical. Penambahan AgNPs dengan konsentrasi 0,17 %, 0.85 %, dan 1,7 % pada hidrogel Polyvinyl alcohol (PVA) terbukti efektif melawan kolonisasi bakteri P. aeruginosa dan S. aureus penyebab Ventilator-associated Pneumonia (VAP). Penambahan AgNPs pada hidrogel PVA dan penambahan coating hidrogel AgNPs-PVA pada ETT meningkatkan nilai kuat tarik. Bedasarkan uji sitotoksisitas hanya AgNPs dengan konsentrasi 0,17% saja yang menunjukkan sifat non-toxic dengan rerata 99% sel hidup, sehingga penambahan AgNPs dengan konsentrasi 0,17 % dapat dikembangan menjadi bahan pelapis ETT dengan sifat antibakteri sebagai langkah preventif terhadap kasus VAP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.02/19 Ram s
Uncontrolled Keywords: Antibacteria, Endotracheal Tubes, Hydrogel, Silver, Polyvinyl Alcohol, Pneumonia, Nanomaterial
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsEmail
AKBAR ADRIAN RAMADHAN, 081411733010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrihartini Widiyanti, Dr. , drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorDjony Izak Rudyardjo, Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2019 05:22
Last Modified: 28 Jan 2019 05:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item