PERAN STATUS PERIODONTAL TERHADAP PENINGKATAN KADAR GULA DARAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI WILAYAH KOTA SURABAYA

AMELIA EVITA PUSPITA, 02151113303 (2019) PERAN STATUS PERIODONTAL TERHADAP PENINGKATAN KADAR GULA DARAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI WILAYAH KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
abstrak KG 48 19 Ang h.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Fulltext)
KG 48 19 Ang h.pdf
Restricted to Registered users only until 28 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah akibat gangguan pada sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Prevalensi diabetes pada kelompok usia dewasa untuk daerah perkotaan di Indonesia menduduki peringkat ke-2 yaitu 14,7%.Salah satu komplikasi DM di bidang kedokteran gigi yaitu periodontitis. Periodontitis merupakan salah satu dari enam komplikasi DM.Periodontitis merupakan komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita DM dengan tingkat prevalensi mencapai 75%, oleh karena itu status periodontal memiliki peran yang penting pada penderita diabetes mellitus. Peran status periodontal pada penderita diabetes belum diketahui secara jelas.Tujuan: Menganalisis peran status periodontal dalam meningkatkan kadar gula darah sebagai upaya pencegahan diabetes mellitus tipe 2 di wilayah kota Surabaya. Metode: Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan rancangan cross-sectionalyang dilakukan pada 8 puskesmas, dengan jumlah responden 100 responden.Teknik pengumpulan data adalah cluster random sampling. Hasil: Rerata kadar gula darah pada responden dengan skor loss of attachment tinggi, lebih tinggi dibandingan dengan loss of attachment rendah dan memiliki perbedaan yang signifikan. Rerata kadar gula darah pada responden dengan skor BOP tinggi lebih tinggi dibandingan dengan BOP rendah, namun tidak berbeda signifikan. Rerata kadar gula darah pada responden dengan skor poket tinggi lebih tinggi dibandingan dengan poket rendah, namun tidak berbeda signifikan. Simpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa orang yang memiliki status periodontal pada dimensi loss of attachment buruk memiliki kadar gula darah tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 48/19 Pus p
Uncontrolled Keywords: Periodontal status, blood sugar levels, diabetes mellitus
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AMELIA EVITA PUSPITA, 02151113303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRetno Palupi, Dr. drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:11
Last Modified: 28 Jan 2019 07:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79601
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item