ANALISIS STRATEGI PENENTUAN HARGA SAHAM PERDANA DENGAN UNDERPRICING: STUDI PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DIBURSA EFEK INDONESIA

Sari Yanita, 040510719 (2009) ANALISIS STRATEGI PENENTUAN HARGA SAHAM PERDANA DENGAN UNDERPRICING: STUDI PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DIBURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-yanitasari-14194-a2110-k.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-yanitasari-11964-a2110-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu wahana yang dapat dimanfaatkan untuk memobilisasi dana, baik dari dalam atau luar negeri. Sementara pasar modal bagi investor merupakan wahana yang dapat dimanfaatkan untuk menginvestasikan dananya. Prosentase penawaran saham pertama kali dalam pasar modal merupakan suatu masalah, karena umumnya harga saham pada waktu penawaran perdana dinilai terlalu rendah (underpricing). Underpricing merupakan fenomena sebagian besar pasar dunia. Pengamatan pelaku pasar di Indonesia juga menunjukkan fenomena underprcing. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan di atas, penulis ingin melihat apakah reputasi underwriter, reputasi auditor, kondisi pasar, dan asimetri informasi berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham perdana perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menitik beratkan pada pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis yang telah dibuat. Underpricing bertindak sebagai variable terikat, sedangkan reputasi underwriter, reputasi auditor, kondisi pasar, dan asimetri informasi sebagai variable bebas. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang go public dan listing di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2008. Metode pengambilan sampel adalah sensus dan didapatkan 39 perusahaan sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan asimetri informasi terhadap underpricing, tetapi tidak terdapat pengaruh signifikan reputasi underwriter, reputasi auditor, dan kondisi pasar terhadap underpricing. Pengujian secara simultan menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara reputasi underwriter, reputasi auditor, kondisi pasar, dan asimetri informasi terhadap underpricing. Kata-kata kunci: Underpricing, reputasi underwriter, reputasi auditor, kondisi pasar, dan asimetri informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 21 10 Yan a
Uncontrolled Keywords: STOCK EXCHANGES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Sari Yanita, 040510719UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Basuki, Drs., M.Com(HONS)., Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 14 Dec 2010 12:00
Last Modified: 04 Sep 2016 09:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7961
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item