KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK MENGENAI PEMILIHAN PASANGAN TERKAIT BIBIT, BEBET, DAN BOBOT MELALUI STORYTELLING

BINTANG GIA LASTARYA, 071411531076 (2018) KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK MENGENAI PEMILIHAN PASANGAN TERKAIT BIBIT, BEBET, DAN BOBOT MELALUI STORYTELLING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.111 18 Las k.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.111 18 Las k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.111 18 Las k.pdf

Download (200kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji komunikasi keluarga oleh orang tua kepada anak mengenai pemilihan pasangan terkait bibit, bebet, dan bobot melalui storytelling. Peneliti mempertimbangkan perbedaan etnis/suku, culture, pengalaman, lingkungan, identitas, serta dari sisi orang tua (ayah dan ibu). Adapun teori besar yang digunakan dalam penelitian ini adalah storytelling dalam narrative performance theory. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan in-depth interview pada empat pasang orang tua (ayah dan ibu) yang memiliki anak dewasa awal. Selanjutnya peneliti menjelaskan temuan dari storytelling orang tua beserta strategi yang digunakan dari wawancara mendalam. Hasil analisis diperoleh bahwa setiap keluarga memiliki cara penyampaian cerita dan tujuan yang berbeda dalam menyampaikan pemilihan pasangan terhadap anak. Penyampaian narasi tersebut berdasar pengalaman, identitas, culture, dan pendapat individu informan. Peneliti menemukan bahwa orang tua yang bersuku Jawa rata-rata mempertimbangkan pemilihan pasangan berdasar konsep bibit. Orang tua bersuku Sunda, Bugis, dan Batak lebih membebaskan pemilihan pasangan anak meskipun pada suku Bugis dan Batak memiliki tradisi adat. Namun orang tua yang beretnis Tionghoa sangat mematuhi tradisi turun temurun dengan mempertimbangkan ketiga konsep secara tidak langsung. Dalam penyampaian cerita, informan lebih dominan menyampaikan cerita berdasar recounting (menceritakan kembali sejarah, biografi, dan otobiografi) langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.111/18 Las k
Uncontrolled Keywords: Storytelling, pemilihan pasangan, bibit, bebet, dan bobot.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7181-7197 Parent and child. Guardian and ward
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
BINTANG GIA LASTARYA, 071411531076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2019 10:41
Last Modified: 28 Jan 2019 10:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item