Strategi Pelaku Bisnis Online Pakaian Olahraga di kota Surabaya

Benaya Chrisyukananda, 071117010 (2018) Strategi Pelaku Bisnis Online Pakaian Olahraga di kota Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.65 18 Chr s.pdf

Download (122kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.65 18 Chr s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.65 18 Chr s.pdf

Download (65kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pelaku bisnis online pakaian olahraga di Kota Surabaya kemudian membandingkannya satu dengan yang lainnya. Metode penelitian yang dipakai adalah etnografi. Informan penelitian ini adalah pemilik usaha pakaian olahraga online yang terdiri dari tiga tipe pengusaha, yaitu 4 orang pemodal besar, 2 orang pemodal menengah, dan 2 orang pemodal kecil. Pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi. Wawancara mendalam kepada informan dengan menggunakan pedoman wawancara. Data wawancara dan observasi dianalisis dengan teori strategi adaptasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelaku bisnis online pakaian olahraga sama antara pemodal besar dan menengah yaitu memiliki jam kerja, pegawai lebih dari tiga orang, memiliki pembagian tugas yang jelas. Pemodal kecil memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel dan dapat melayani customer setiap saat. Strategi pelaku bisnis online pakaian olahraga adalah pemodal besar lebih fokus pada media sosial dan aplikasi chatting karena dianggap lebih cepat dalam mendapatkan uang tanpa piutang. Pemodal besar dan menengah juga memberikan fasilitas pembayaran tempo kepada pembeli yang sudah dipercaya dan berlangganan. Baik pemodal menengah dan kecil sama-sama berfokus menjual produk di toko online dan media sosial dengan memanfaatkan fitur-fitur berbayar agar lebih mudah menjangkau calon pembeli baru. Bagi pemodal kecil, kepercayaan pembeli dapat dibangun dengan strategi memberikan harga jual yang murah dan ulasan-ulasan pembeli sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.65/18 Chr s
Uncontrolled Keywords: pelaku bisnis online, strategi, pakaian olahraga, pemodal besar, pemodal menengah, pemodal kecil
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Benaya Chrisyukananda, 071117010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRetno Andriati, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2019 10:59
Last Modified: 28 Jan 2019 10:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79612
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item