Gaya Hidup Para Pemandu Sorak Pada Komunitas ICC Heroes di Surabaya

ARWAY ZAHRA JAUZA, 0701117066 (2018) Gaya Hidup Para Pemandu Sorak Pada Komunitas ICC Heroes di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.67 18 Jau g.PDF

Download (285kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.67 18 Jau g.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.67 18 Jau g.pdf

Download (274kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehidupan sosial masyarakat di tandai oleh berkembangnya kebudayaan populer yaitu kebudayaan yang menjadikan orang atau kelompok masyarakat cenderung menyukai inovasi baru seperti mode, hiburan, fasilitas, jasa serta jenisjenis aktivitas yang bersifat komersial dan trend. Remaja masa kini dalam kehidupan sehari-harinya dan gaya hidupnya dipengaruhi oleh media masa. Gaya hidup merupakan pola yang membedakan suatu tindakan satu orang dengan orang lainnya, Gaya jika disederhanakan adalah bentuk kualitas dan ekspresi yang bermakna dimana menampakkan kepribadian atau pandangan umum suatu kelompok. Kelompok Cheerleader adalah Salah satu pengaruh budaya populer pada tarian modern, terutama dikalangan remaja di Indonesia. Cheerleading berkembang cukup pesat pada akhir-akhir ini, meskipun pada awal masuknya cheerleading di Indonesia tidak menerapkan konsep cheerleading yang sesungguhnya karena kurangnya informasi yang diperoleh. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan tingkah laku yang diamati dari subyek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori gaya hidup menurut (Kotler, 2002) dimana pola gaya hidup seseorang yang diekpresikan dalam bentuk aktivitas, minat, dan opininya. Dimana gaya hidup menggambarkan ―keseluruhan diri seseorang‖ dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini secara umum mengambil lokasi di kota Surabaya, secara khusus pada kelompok cheerleader ICC Heroes. Peneliti menentukan informan berdasarkan pengetahuannya tentang latar belakang masalah. Data yang terkumpul selama proses pengumpulan data akan di analisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Dengan menggunakan metode analisis kualitatif di harapkan dapat memperoleh ‗hasil akhir‘ yang memuaskan, karena mencakup banyak aspek kehidupan informan dan kelompoknnya. Berdasarkan pada temuan data yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa Indonesian Cheerleading Community (ICC) pertama kali berdiri pada tanggal 25 Februari 2005. Awal berdirinya ICC hanyalah berupa sebuah situs website saja (saat itu www.indonesiancheerleaders.com), dengan tujuan untuk menjadi sarana komunikasi dengan cheerleader di seluruh Indonesia, karena saat itu belum ada wadah yang serupa. Seluruh pemain pemandu sorak pada komunitas ICC HEROES Surabaya harus mempunyai Percaya diri,dan percaya satu sama lain ditambah dengan mengenal karakter teman setim atau yang lebih dikenal dengan istilah KYPT (Know Your Personal Team) menjadi kunci keberhasilan sebuah tim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.67/18 Jau g
Uncontrolled Keywords: gaya hidup, cheerleader, ICC Heroes
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
ARWAY ZAHRA JAUZA, 0701117066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBudi Setiawan, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2019 11:20
Last Modified: 28 Jan 2019 11:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79614
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item