MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KAMPUNG INGGRIS (Studi Deskriptif Model Pembelajaran Kognitifisme Bahasa Inggris pada Lembaga Kursus LC di Pare, Kabupaten Kediri)

M. Farid Rahman, 071117020 (2018) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KAMPUNG INGGRIS (Studi Deskriptif Model Pembelajaran Kognitifisme Bahasa Inggris pada Lembaga Kursus LC di Pare, Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.68 18 Rah m.pdf

Download (70kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.68 18 Rah m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.68 18 Rah m.pdf

Download (98kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi tentang deskriptif lembaga pendidikan nonformal memang sudah banyak dilakukan, hanya saja berbeda subjek dan objek serta topik yang diteliti. Terlebih lagi pendidikan nonformal seperti halnya kursus saat ini banyak diminati. Salah satu wilayah Kabupaten Kediri tepatnya di Kecamatan Pare terdapat sebuah tempat yang dinamakan dengan Kampung Inggris karena banyak sekali lembaga kursus bahasa asing di daerah tersebut. Untuk itu peneliti tertarik mengkaji lebih mendalam tentang Kampung Inggris dan model pembelajaran yang digunakan di Kampung Inggris. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Bahasa Inggris yang diterapkan oleh lembaga kursus Language Center (LC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Bahasa Inggris yang diterapkan oleh lembaga kursus Language Center (LC). Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara dengan beberapa tutor, member, dan manajer lembaga LC. Hasil penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran yang efektif oleh LC ditinjau dari 3 faktor yaitu, program kursus yang intensif, tenaga pengajar atau tutor yang berkualitas dan professional, serta fasilitas pendukung sebagai sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Selain itu, LC juga membentuk berbagai inovasi dalam model pembelajaran. Inovasi tersebut merupakan alat untuk bertahan dalam kemunduran Kampung Inggris dan persaingan antar lembaga di Kampung Inggris. Lembaga LC yang merupakan lembaga baru yang sangat cepat berkembang dan mampu bersaing dengan lembaga lembaga lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.68/18 Rah m
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kampung Inggris, Inovasi Pembelajaran
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
M. Farid Rahman, 071117020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2019 11:24
Last Modified: 28 Jan 2019 11:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79615
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item