PENGARUH AROMATERAPI CENDANA (Santalum album) DAN MUSIK BOSSA NOVA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN ANAK MENJALANI PERAWATAN TOPICAL FLUORIDE

VICTOR GRADIYANTO MAHENDRA, 021511133045 (2018) PENGARUH AROMATERAPI CENDANA (Santalum album) DAN MUSIK BOSSA NOVA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN ANAK MENJALANI PERAWATAN TOPICAL FLUORIDE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - KG.91 18 Mah P.pdf

Download (46kB)
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT - KG.91 18 Mah P.pdf
Restricted to Registered users only until 29 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecemasan adalah suatu kondisi yang ditandai oleh rasa takut yang kuat, disertai gejala somatik yang mengindikasi sistem saraf otonom yang hiperaktif. Hal ini adalah satu jenis gangguan emosional yang terkait dengan situasi yang tidak terduga atau dianggap berbahaya. Kecemasan anak yang akan dirawat oleh dokter gigi akan mengurangi tingkat keberhasilan perawatan. Mengurangi kecemasan anak yang akan dirawat oleh dokter gigi sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan perawatan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh aromaterapi cendana dan musik bossa nova terhadap tingkat kecemasan pasien anak yang menjalani perawatan gigi. Metode: Penelitian ini dilakukan pada empat kelompok dengan empat perlakuan yang berbeda: kelompok kontrol, kelompok aromaterapi cendana, kelompok musik bossa nova, dan kelompok kombinasi. Masing-masing kelompok terdiri dari 26 sampel. Keseluruhan 104 subyek diberikan perawatan topical fluoride untuk kali pertama. Pengukuran tekanan darah dan denyut nadi sebagai indikator kecemasan dilakukan dua kali pada setiap sampel, sebelum perawatan dan sesudah perawatan.Tekanan darah dan denyut nadi diukur menggunakan sphygmomanometer digital. Hasil: Terdapat perbedaan signifikan pada selisih tekanan darah dan denyut nadi antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan lainnya, dengan perbedaan paling signifikan pada kelompok kombinasi (p<0.05). Simpulan: Aromaterapi cendana dan musik bossa nova dapat menurunkan tingkat kecemasan pasien anak yang menjalani perawatan gigi, dengan penurunan tingkat kecemasan terbesar pada kelompok dengan perlakuan kombinasi aromaterapi cendana dan musik bossa nova.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.91/18 Mah p
Uncontrolled Keywords: Aromaterapi Cendana, Musik Bossa Nova, Tekanan Darah, Denyut Nadi, Anak
Subjects: R Medicine
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VICTOR GRADIYANTO MAHENDRA, 021511133045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAlm. Teguh Budi Wibowo, drg., MS., Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 29 Jan 2019 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 03:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79628
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item