PENGARUH VITAMIN D TERHADAP JUMLAH OSTEOBLAS DAN EKSPRESI ALKALINE PHOSPHATASE (ALP) PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI TIKUS HAMIL

PUTERI NAZIRAH BINTI MEGAT BADARUL HISHAM, 021511133162 (2018) PENGARUH VITAMIN D TERHADAP JUMLAH OSTEOBLAS DAN EKSPRESI ALKALINE PHOSPHATASE (ALP) PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI TIKUS HAMIL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK - KG.104 18 His p.pdf

Download (21kB)
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT - KG.104 18 His p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasien perempuan memiliki kemungkinan untuk hamil selama melakukan perawatan ortodonti, di mana proses tersebut mempengaruhi perubahan fisiologis yang dikaitkan dengan tingkat hormon seks seperti estrogen. Saat kehamilan, seorang perempuan mengkonsumsi berbagai macam vitamin sebagai nutrisi tambahan bagi ibu dan janin yang dikandung, salah satunya adalah Vitamin D. Pada penelitian sebelumnya, pemberian Vitamin D pada pergerakan gigi ortodonti dapat mempercepatkan pergerakan gigi ortodonti karena efek stimulatori pada osteoblas yang mampu meregulasi diferensiasi dan proliferasi osteoblas. Peningkatan aktivitas osteoblastik selama pembentukan tulang ini diikuti dengan adanya peningkatan marker, Alkaline Phosphatase (ALP). Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh Vitamin D pada jumlah osteoblas dan ekspresi ALP serta hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai refrensi untuk pergerakan gigi ortodonti pada tikus hamil menggunakan Vitamin D. Metode: Penelitian eksperimental laboratoris dengan rancangan penelitian post-test only group design pada 28 ekor tikus, perlakuan pemberian vitamin D per oral dengan waktu pengamatan pada hari ke-7 dan 14 pada jumlah osteoblas dan ekspresi ALP yang diukur dengan metode Hemotoxylin Eosin dan Immunohistochemistry (IHC). Hasil dianalisis dengan uji statistik ANOVA dan multiple comparison test uji Post Hoc Tukey. Hasil: Hasil menunjukkan tiada perbedaan yang signifikan (p>0.05) antara kelompok perlakuan pada waktu pengamatan hari ke-7 dan ke-14 pada jumlah osteoblas dan ekspresi ALP. Kesimpulan: Penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa tiada pengaruh dalam jumlah osteoblas dan ekspresi ALP pada pemberian vitamin D pada pergerakan gigi ortodonti tikus hamil dalam waktu pengamatan hari ke-7 dan 14.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.104/18 His p
Uncontrolled Keywords: kehamilan, pergerakan gigi ortodonti, osteoblas, alkaline phosphatase, vitamin D.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
PUTERI NAZIRAH BINTI MEGAT BADARUL HISHAM, 021511133162UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlida,, drg., M.Kes. Sp.OrtUNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:31
Last Modified: 29 Jan 2019 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item