FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN APD PADA KARYAWAN LABORATORIUM (Studi pada Karyawan Laboratorium Klinik Kimia Farma Regional Jawa Timur)

YOGI ADIPUTRO, 101611123076 (2018) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN APD PADA KARYAWAN LABORATORIUM (Studi pada Karyawan Laboratorium Klinik Kimia Farma Regional Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 16 19 Adi f.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 16 19 Adi f.pdf
Restricted to Registered users only until 29 January 2022.

Download (779kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laboratorium klinik Kimia Farma merupakan melayani pemeriksaan reguler esoterik, biomolekuler dan layanan paket medical check up perusahaan. Hasil pemeriksaan diuji di laboratorium oleh ahli phlebotomist dan analis. Laboratorium merupakan tempat yang berpotensi menimbulkan risiko bagi penggunanya. Tujuan umum penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan penggunaan APD pada karyawan Laboratorium Klinik Kimia Farma Regional Jawa Timur. Desain penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Penentuan sampel menggunakan metode total populasi sehingga melibatkan 15 karyawan. Data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil observasi dan kuesioner serta data sekunder yaitu profil perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kebijakan terkait APD. Sebagian besar karyawan memiliki pengetahuan cukup, memiliki motivasi tinggi, berumur 17- 25 tahun, memiliki masa kerja ≤ 3 tahun dan tingkat pendidikan diploma. Sebagian besar ketersediaan APD lengkap. Sebagian besar karyawan (53,3%) menggunakan APD dengan sesuai. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara kebijakan terkait APD, umur, masa kerja dan tingkat pendidikan dengan penggunaan APD. Terdapat hubungan yang kuat antara pengetahuan, motivasi dan ketersediaan APD dengan penggunaan APD. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa kebijakan terkait APD, umur, masa kerja, tingkat pendidikan tidak mempengaruhi perilaku penggunaan APD. Selain itu hasil menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi, semakin baik pengetahuan dan ketersediaan APD maka semakin sesuai pula penggunaan APD pada karyawan. Saran untuk perusahaan agar melakukan sosialisasi terkait kebijakan APD kepada seluruh karyawan, menyediakan dan menempel rambu-rambu peraturan K3 di tempat kerja, menambah jumlah karyawan agar beban kerja karyawan tidak berlebih dan memberikan reward kepada karyawan yang selalu menggunakan APD dengan sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 16/19 Adi f
Uncontrolled Keywords: faktor pekerjaan, laboratorium klinik, penggunaan APD
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YOGI ADIPUTRO, 101611123076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Dwiyanti, Dra.Psi., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 07:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79670
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item