HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN DAN BEBAN KERJA DENGAN TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI (Studi Kasus pada Tenaga Kerja di Unit Circulator Loom PT Kerta Rajasa Raya)

FETY IZZA LUTHFIYAH, 101611123095 (2018) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN DAN BEBAN KERJA DENGAN TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI (Studi Kasus pada Tenaga Kerja di Unit Circulator Loom PT Kerta Rajasa Raya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 18 19 Lut h.pdf

Download (28kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 18 19 Lut h.pdf
Restricted to Registered users only until 29 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Intensitas kebisingan yang tinggi menyebabkan peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Selain itu, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi juga disebabkan oleh beban kerja berlebih. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara intensitas kebisingan dan beban kerja dengan tekanan darah dan denyut nadi pada tenaga kerja di unit circulator loom di PT Kerta Rajasa Raya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain studi cross-sectional. Total populasi penelitian sebesar 31 orang dengan ketentuan responden memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, tabulasi silang dan uji contingency coefficient. Hasil pengukuran intensitas kebisingan adalah 103,2 dBA pada area mesin dan 93,1 dBA pada area ekspedisi dan perawatan. Sebagian besar beban kerja tenaga kerja terkategori sedang. Tekanan darah sistolik dan diastolik mengalami peningkatan antara sebelum bekerja dengan setelah bekerja, tetapi rata-rata tekanan darah sistolik mengalami peningkatan yang lebih tinggi daripada rata-rata tekanan darah diastolik. Sebagian besar denyut nadi tenaga kerja mengalami peningkatan antara sebelum bekerja dengan setelah bekerja. Mayoritas tenaga kerja adalah berumur produktif, dengan masa kerja yang lama, berjenis kelamin perempuan dan terkategori IMT gemuk). Kekuatan hubungan tekanan darah sebagian sedang dengan intensiras kebisingan (C=0,435), umur (C=0,422), dan masa kerja (C=0,442). Kekuatan hubungan denyut nadi sebagian besar adalah lemah kecuali intensitas kebisingan (C=0,536) dan masa kerja (C=0,416) yang berkekuatan sedang. Saran untuk perusahaan adalah hendaknya memasang bantalan pada mesin, melumasi mesin secara berkala, melakukan pemantauan intensitas kebisingan berkala, mengadakan pemeriksaan kesehatan, melakukan job rotation, melakukan aktivitas fisik dan menyediakan alat pelindung telinga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 18/19 Lut h
Uncontrolled Keywords: Intensitas Kebisingan, Beban Kerja, Tekanan Darah, Denyut Nadi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FETY IZZA LUTHFIYAH, 101611123095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNoeroel Widajati,, Dr. S.KM., M.Sc,UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 29 Jan 2019 08:15
Last Modified: 29 Jan 2019 08:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item