MODEL PROMOSI KESEHATAN GIGI DAN MULUT MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN ENGAGEMENT RATE

AKHMAD FARKHAN AZMI, 101514453031 (2018) MODEL PROMOSI KESEHATAN GIGI DAN MULUT MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN ENGAGEMENT RATE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (193kB)
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam promosi kesehatan gigi dan mulut menggunakan media sosial, perbedaan karakteristik pengguna media sosial dan perbedaan karakteristik konten adalah salah satu hal yang patut untuk diperhatikan. Di era engagement (keterlibatan), pemasar kesehatan perlu untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi engagement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan model promosi kesehatan gigi dan mulut berdasarkan engagement rate. Penelitian ini bersifat analitik observasional. Penelitian mengenai karakteristik pengguna media sosial, karakteristik konten, dan pengukuran engagement rate dilakukan pada maret-mei 2018. Penelitian ini dibagi menjadi 2 tahap, tahap pertama yaitu tahap penentuan prototipe dan tahap kedua adalah ujicoba prototipe. Untuk penentuan prototipe sampel penelitian ini sebesar 388 responden pengguna media sosial di Indonesia dan untuk fase ujicoba prototipe sampel yang digunakan adalah total populasi yang merupakan fitur interaksi yang terdiri dari jumlah like, komentar, share, respon instastory, dan pesan. Hasil penelitian ini adalah prototipe promosi kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari jenis konten informatif, jenis media gambar dan teks deskripsi, jenis interaktivitas tinggi, platform Instagram, dan waktu akses pada jam 17.01-21.00. Hasil uji coba prototipe menunjukkan engagement rate 1% pada 100% dari seluruh total sampel. Sehingga, model promosi kesehatan gigi dan mulut melalui media sosial pada penelitian ini adalah jenis konten informatif, jenis media gambar dan teks deskripsi, jenis interaktivitas tinggi, platform Instagram, dan waktu akses pada jam 17.01-21.00.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 02/19 Azm m
Uncontrolled Keywords: engagement rate, media sosial, platform, dental health promotion
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
AKHMAD FARKHAN AZMI, 101514453031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof. Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79721
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item