UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS MENGGUNAKAN ANDERSEN UTILIZATION THEORY (Studi pada Wilayah Kerja 3 (tiga) Puskesmas di Pulau Dullah Kecamatan Dullah Utara dan Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual)

NIKSON KRISTIAN RAHANRA, 101614453040 (2018) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS MENGGUNAKAN ANDERSEN UTILIZATION THEORY (Studi pada Wilayah Kerja 3 (tiga) Puskesmas di Pulau Dullah Kecamatan Dullah Utara dan Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (46kB)
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas adalah jenis fasilitas pelayanan kesehatan yang merupakan suatu unit fungsional, berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan partisipasi asyarakat. serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama. Namun, tingkat pemanfaatan Puskesmas masih rendah, khususnya masyarakat yang berada pada 3 (tiga) wilayah kerja Puskesmas di Kota Tual. Fenomena masyarakat yang lebih memilih untuk berobat secara tradisional dibandingkan menggunakan layanan kesehatan yang disediakan oleh uskesmas menyebabkan pentingnya strategi untuk dapat menarik minat masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan yang tersedia di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah menyusun rekomendasi sebagai upaya untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan rawat jalan Puskesmas di Kota Tual menggunakan andersen utilization theory. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan penelitian cross sectional study. Sampel dalam penelitian adalah 95 keluarga yang dihitung menggunakan rumus propotional random sampling. Penelitian berlangsung pada bulan juni-juli 2018 pada 3 (tiga) wilayah kerja Puskesmas di Kota Tual. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh antara pendidikan (p=0,01), pekerjaan (p =0,006), pendapatan (p=0,013), kepemilikan asuransi (p=0,002) dan jarak (p=0,006) terhadap pemanfaatan pelayanan rawat jalan Puskesmas. Kesimpulannya adalah perlu adanya sosialisasi dalam bentuk penyuluhan tentang manfaat dari perawatan kesehatan di Puskesmas dan akibat yang terjadi jika pengobatan dilakukan secara tradisional serta perlu dilakukan evaluasi pemerataan distribusi keanggotaan BPJS hingga dipastikan bahwa semua masyarakat telah memiliki kartu keanggotaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 04/19 Rah u
Uncontrolled Keywords: Pengobatan Tradisional, Puskesmas, Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.5-645.9 Emergency medical services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
NIKSON KRISTIAN RAHANRA, 101614453040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorS. Supriyanto, Prof. Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
ContributorM. Bagus Qomaruddin, Dr. , Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Jan 2019 08:17
Last Modified: 30 Jan 2019 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79725
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item