PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN AKUNTABILITAS ORGANISASI SEKTOR PUBLIK (Bentuk Partisipasi Masyarakat di Desa Brodot Kabupaten Jombang)

FATKHUR ROZAK, 041211331272 (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN AKUNTABILITAS ORGANISASI SEKTOR PUBLIK (Bentuk Partisipasi Masyarakat di Desa Brodot Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 A. 27-19 Roz p-Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 A. 27-19 Roz p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai partisipasi masyarakat dalam membangun akuntabilitas sektor publik dengan studi kasus Desa Brodot. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana partisipasi masyarakat dan bagaimana bentuk – bentuk partisipasi masyarakat dalam membangun akuntabilitas organisasi pemerintahan Desa Brodot. Riyanto (2015) mengatakan bahwa faktor pendukung dari akuntabilitas adalah adanya partisipasi masyarakat yang tinggi terhadap proses pembangunan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi lebih mengedepankan pada makna atas suatu fenomena, sehingga data yang digunakan dalam penelitian ini lebih kepada data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Desa Brodot sangat tinggi dan masih adanya tradisi lama yang disebut “Nanggawean” sebagai tempat dan sarana masyarakat dalam berpartisipasi. Dengan tingginya partisipasi maka berdampak pada akuntabilitas organisasi semakin baik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada organisasi tersebut. Karena kepercayaan masyarakat terhadap organisasi tinggi, maka dapat mengurangi asimetri informasi yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 27/ 19 Roz p
Uncontrolled Keywords: Agency Theory, Community Participation, "Nanggawean", Relationship of Accountability with Participation
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
FATKHUR ROZAK, 041211331272UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErina Sudaryati, Dr., SE., M.S., CMA., CA., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Feb 2019 03:52
Last Modified: 02 Feb 2019 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79764
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item