ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA RANTAU DALAM DUNIA HIBURAN MALAM (Studi Deskriptif Tentang Adaptasi Sosial Mahasiswa Rantau Jakarta Dalam Dunia Hiburan Malam di Kota Surabaya)

ANDRIAN LISTYO GURITNO, 071114058 (2018) ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA RANTAU DALAM DUNIA HIBURAN MALAM (Studi Deskriptif Tentang Adaptasi Sosial Mahasiswa Rantau Jakarta Dalam Dunia Hiburan Malam di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.73 18 Gur a.pdf

Download (96kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.73 18 Gur a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.73 18 Gur a.pdf

Download (240kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adaptasi sosial merupakan hal yang sangat krusial bagi seorang individu yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Perpindahan ini tidak hanya bersifat fisik,tetapi juga membawa serta seluruh karakter, kebiasaan, hingga gaya hidup yang dimilikinya di daerah asal ke tempat tujuannya. Hal ini juga dilakukan oleh mahasiswa rantau. Mahasiswa yang merantau dari Kota Jakarta ke Kota Surabaya akan membawa serta kesamaan gaya hidupnya sebagai masyarakat perkotaan. Salah satu dari kesamaan gaya hidup sebagai masyarakat perkotaan tersebut adalah kecenderungan untuk berperilaku hedon atau konsumtif, yang erat kaitannya dengan kebutuhan akan hiburan. Lebih lanjut jenis hiburan yang identik dengan masyarakat perkotaan adalah hiburan malam. Mahasiswa rantau Jakarta yang sedari awal sudah menggemari dunia hiburan malam tentu saja akan melakukan proses adaptasi sosial ketika berpindah dan masuk ke dalam dunia hiburan malam Surabaya. Dengan berdasarkan permasalahan penelitian tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan secara purposive dan snowball, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil temuan data menunjukkan bahwa dalam hasil akhir empat tahapan proses adaptasi sosial, mahasiswa rantau Jakarta ini tergolong dalam accommodation. Dengan kata lain mahasiswa rantau Jakarta mampu beradaptasi dengan baik dalam dunia hiburan malam Surabaya akan tetapi masih memiliki hal-hal yang tidak bisa ditolerir, yakni keberadaan clubbers lain yang tidak samasama berasal dari Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.73/18 Gur a
Uncontrolled Keywords: Adaptasi sosial, mahasiswa rantau, dunia hiburan malam.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ANDRIAN LISTYO GURITNO, 071114058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNovri Susan, S.Sos., MA., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:04
Last Modified: 06 Feb 2019 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item