PENERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA SITUS UANGTEMAN.COM

Anisa Rahma Dita Dwinanda, 031511133198 (2019) PENERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA SITUS UANGTEMAN.COM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FH. 65-19 Dwi p Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text (Fulltext)
FH. 65-19 Dwi p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi telah merambah pada berbagai bidang, salah satunya yaitu pada bidang financial. Seiring dengan berjalannya waktu muncul layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi ini tidak jauh berbeda dengan bank, dimana keduanya menyediakan jasa pinjam meminjam uang. Hal yang menjadi pembeda ialah munculnya subjek hukum dan hubungan hukum baru. Untuk mengetahui subjek hukum dan hubungan hukum dalam layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, peneliti melakukan penelitian hukum dengan tipe penelitian Yuridis Normatif. Yaitu dengan menelaah dan menganalisis peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjelaskan dan memprediksi perkembangan yang akan datang. Di samping itu, peneliti juga akan menganalisis terkait prinsip kehati-hatian yang dapat diterapkan di layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi serta peran pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengawasi jalannya kegiatan. Penelitian ini menghasilkan penemuan bahwa layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi berbeda dari bank dikarenakan adanya pihak baru yang disebut dengan Penyelenggara. Selain itu, prinsip kehati-hatian yang diterapkan pada layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi tidaklah sama. Hal ini dikarenakan struktur bank dangan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi tidaklah sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 65-19 Dwi p
Uncontrolled Keywords: Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi; uangteman.com; Hubungan Hukum, Prinsip Kehati-hatian; Otoritas Jasa Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Anisa Rahma Dita Dwinanda, 031511133198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrisadini, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 06 Feb 2019 01:05
Last Modified: 06 Feb 2019 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item