PEMETAAN KERAWANAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI KABUPATEN BANYUWANGI

AHMAD ZAKKY MULTAZAM, NIM 101411535019 (2018) PEMETAAN KERAWANAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
PSDKU FKM 01_19 Mul p ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PSDKU FKM 01_19 Mul p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang berbasis lingkungan yang disebabkan oleh virus dengue dan di tularkan melalui vektor nyamuk Aedes aegypty dan Aedes albopictus. Kabupaten Banyuwangi salah satu dari lima besar penyumbang kasus terbanyak di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2016. Penelitian ini bertujuan memetakan daerah rawan demam berdarah dengue di kabupaten Banyuwangi berdasarkan faktor risiko berupa kepadatan penduduk dan curah hujan pada tahun 2016. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang dilaksnakan dengan rancangan cross sectional dengan metode non reaktif unobstruksi. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan dengan pendekatan sistem informasi geografis (SIG) untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan jumlah kasus DBD di kabupaten Banyuwangi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan variabel kasus DBD, kepadatan penduduk dan curah hujan, terdapat tiga kecamatan dengan kerawanan tinggi yaitu, Kecamatan Giri, Kabat dan Rogojampi. Sehingga perlu adanya perhatian lebih pada ketiga kecamatan tersebut untuk mencegah terjadinya kasus DBD yang lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa adanya suatu pola mengelompok dalam kejadian kasus DBD yang cenderung terjadi di wilayah tenggara Kabupaten Banyuwangi. Maka dari itu Daerah rawan DBD dengan katagori risiko tinggi berdasarkan Peta kerawanan DBD pada ada tiga kecamatan. Harapannya dengan peta kerawanan DBD ini dapat digunakan sebagai salah satu cara penguatan Surveilans DBD dalam rangka memutus permasalahan penyakit DBD di Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PSDKU FKM.01/19 Mul p
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Kerawanan, Demam Berdarah Dengue, Sistem Informasi Geografis, Surveilans
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA648.5-767 Epidemics. Epidemiology. Quarantine. Disinfection
R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD ZAKKY MULTAZAM, NIM 101411535019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantRirij Yudhastuti, Prof. Dr., drh., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:28
Last Modified: 12 Feb 2019 02:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item