PENGARUH EKSTRAK KEDELAI (Glycine max) TERHADAP PROLIFERASI LAPISAN ENDOMETRIUM MENCIT (Mus musculus)

MUH. SOLEH SALAHUDDIN, 061411535016 (2018) PENGARUH EKSTRAK KEDELAI (Glycine max) TERHADAP PROLIFERASI LAPISAN ENDOMETRIUM MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PSDKU. KH. 03-19 Sal p abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text (Fulltext)
PSDKU. KH. 03-19 Sal p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Estrogen adalah hormon yang sangat penting untuk manifestasi fisiologi uterus, pertumbuhan endometrium, mengontrol hormon Follicle Stimulating Hormon (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH). Proses pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi tidak lepas dari peran hormon estrogen. Fitoestrogen merupakan golongan senyawa yang memiliki sifat estrogenik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh ekstrak kedelai untuk meningkatan proliferasi lapisan endometrium dalam proses perkembangan organ uterus pada mencit (Mus musculus) betina. Kelompok kontrol (K) tidak diberi perlukaan. Kelompok P1 diberi ekstrak kedelai dengan dosis 12,5mg/kgBB. Kelompok P2 diberi ekstrak kedelai dengan dosis 25mg/kgBB. Kelompok P3 diberi ekstrak kedelai dengan dosis 37,5mg/kgBB. Kelompok P4 diberi ekstrak kedelai dengan dosis 50mg/kgBB. Perlakuan dilakukan setiap hari sekali selama empat belas hari. Hasil uji One Way Anova menunjukkan perbedaan yang signifikan (p<0,05) dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Ketebalan endometrium kelompok P2, P3, dan P4 berbeda secara nyata (p<0,05), dengan kelompok kontrol (K), dan kelompok kontrol (K) tidak berbeda nyata dengan kelompok P1 (p>0,05), serta kelompok P1 tidak berbeda nyata dengan kelompok P2 (p>0,05). Kandungan senyawa fitoestrogen yaitu isoflavon berupa daidzein dan genistein bekerjasama dalam mengoptimalkan proliferasi lapisan endometrium pada uterus mencit (Mus musculus) betina. Daidzein bekerja sebagai senyawa estrogenik untuk berikatan dengan reseptor estrogen pada uterus dan genistein bekerja sebagai penghambat pertumbuhan lapisan endometrium yang berlebih pada jumlah tertentu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak kedelai (Glycine max) efektif untuk peningkatan proliferasi lapisan endometrium pada uterus mencit betina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PSDKU. KH. 03-19 Sal p
Uncontrolled Keywords: Estrogen, fitoestrogen, isoflavon, daidzein, genistein, proliferasi lapisan endometrium, kedelai.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 16. PSDKU Banyuwangi > Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUH. SOLEH SALAHUDDIN, 061411535016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErma Safitri, Dr., M. Si., drh.UNSPECIFIED
ContributorMaya Nurwartanti Yunita, drh., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:56
Last Modified: 06 Feb 2019 04:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79821
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item