PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN DANA KAMPANYE PASANGAN RISMA-WHISNU PADA PILKADA TAHUN 2015: STUDI TENTANG TRANSPARANSI DANA KAMPANYE

Dian Cholifah Sari, 071614453017 (2018) PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN DANA KAMPANYE PASANGAN RISMA-WHISNU PADA PILKADA TAHUN 2015: STUDI TENTANG TRANSPARANSI DANA KAMPANYE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TP.12 18 Sar p.pdf

Download (680kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TP.12 18 Sar p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TP.12 18 Sar p.pdf

Download (226kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kampanye merupakan tahap dimana peserta pilkada memperkenalkan diri mereka, visi dan misi serta tujuan mereka ketika nantinya mereka terpilih. Tahap kampanye juga tahapan yang penting bagi peserta pilkada untuk meyakinkan pemilih supaya memilih dirinya. Banyak cara yang mereka lakukan untuk meyakinkan pemilih. Mulai dari pertemuan terbatas dengan para tokoh agama dan pemuka masyarakat, hingga pertemuan tatap muka dan dialog dengan para simpatisan maupun bersama beberapa elemen masyarakat. Dalam kegiatan kampanye, pasangan calon memerlukan dana besar. Dana tersebut dapat bersumber dari pasangan calon, partai politik dan/ atau gabungan partai pengusung pasangan calon, pihak ketiga perseorangan, dan badan hukum swasta. Penyumbang dana kampanye dan besarnya maksimal sumbangan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015. Demikian juga batasan pengeluaran dana kampanye telah ditetapkan oleh penyelenggara pilkada. Pengaturan sumbangan dan pengeluaran dana kampanye perlu dibuat agar persaingan antar peserta pilkada berlangsung adil. KPU Kota Surabaya sebagai penyelenggara pilkada kota surabaya, mempunyai kewajiban untuk mengaudit laporan dana kampanye melalui Kantor Akuntan Publik. Dalam upaya transparansi dan akuntabilitas laporan dana kampanye, KPU Kota Surabaya harus memeriksa secara detail sumber dan penggunaan dana kampanye. Namun, tugas dan kewenangan KPU Kota Surabaya dalam Peraturan Perundang-undangan dan Peraturan KPU pada tahapan pelaporan dana kampanye, belum maksimal dalam mengungkap transparansi laporan dana kampanye pasangan calon.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP.12/18 Sar p
Uncontrolled Keywords: dana kampanye, KPU, tugas, kewenangan,transparansi
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Dian Cholifah Sari, 071614453017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKris Nugroho, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Thesis advisorRamlan Surbakti, Prof., Drs., MA., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:00
Last Modified: 07 Feb 2019 02:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79847
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item