CALON TUNGGAL DAN ORANG KUAT LOKAL DALAM PILKADA SERENTAK (Studi Tentang Sumber-Sumber Kekuatan Calon Tunggal dalam Pilkada Serentak di Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2015)

YOSEF KRISTOFORUS TAEKAB, 071614453013 (2018) CALON TUNGGAL DAN ORANG KUAT LOKAL DALAM PILKADA SERENTAK (Studi Tentang Sumber-Sumber Kekuatan Calon Tunggal dalam Pilkada Serentak di Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2015). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TP.19 18 Tae c.pdf

Download (252kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TP.19 18 Tae c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TP.19 18 Tae c.pdf

Download (189kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Calon Tunggal dan Orang Kuat Lokal dalam Pilkada Serentak (Studi Tentang Sumber-Sumber Kekuatan Calon Tunggal dalam Pilkada di Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2015)”. Tesis ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Aminah, Dra.,MA dan Bapak Priyatmoko, Drs., MA. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk menjelaskan bahwa orang kuat lokal menyebabkan munculnya satu pasangan calon tunggal dalam pilkada serentak di Kabupaten Timor Tengah Utara. (2). Untuk menjelaskan tentang kekuatan apa saja yang dimiliki orang kuat lokal sehingga menyebabkan dua pasangan calon lain tidak mau mendaftarakan diri dan hanya muncul satu pasangan calon tunggal pada pilkada serentak di Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. Adapun informen dalam penelitian ini yakni KPU Kabupaten Timor Tengah Utara, Jajaran pimpinan dan pengurus partai-partai politik di Kabupaten Timor Tengah Utara, calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Timor Tengah Utara petahana yang kembali memenangkan Pilkada, serta tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Timor Tengah Utara. Tipe penelitian ini yakni bersifat deskriptif kualitatif dengan mengambarkan hasil yang didapat berupa data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi serta dengan melakukan wawancara mendalam melalui pedoman wawancara sebagai acuan. Data sekunder didapatkan melalui kajian pustaka yang merujuk pada buku-buku, hasil penelitian dan hasil penelitian peneliti terdahulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pilkada serentak tahun 2015 di Kabupaten TTU, ada beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga hanya muncul satu calon tunggal yaitu calon petahana. Faktor-faktor tersebut antara lain: pengaruh orang kuat lokal, politisasi birokrasi dan keberhasilan memimpin pada periode pertama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP.19/18 Tae c
Uncontrolled Keywords: Pilkada Serentak, Calon Tunggal, Orang Kuat Lokal.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
YOSEF KRISTOFORUS TAEKAB, 071614453013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Aminah, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
ContributorPriyatmoko, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:37
Last Modified: 07 Feb 2019 02:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item