SURAT SUARA TERTUKAR PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI JAWA TIMUR : Studi Tentang Distribusi Surat Suara Dari Perspektif Manajemen Logistik

IIN TRISTANTI, 071614453023 (2018) SURAT SUARA TERTUKAR PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI JAWA TIMUR : Studi Tentang Distribusi Surat Suara Dari Perspektif Manajemen Logistik. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TP.18 18 Tri s.pdf

Download (605kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TP.18 18 Tri s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TP.18 18 Tri s.pdf

Download (165kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang semakin meningkatnya jumlah surat suara Anggota DPRD yang tertukar pada pemilu legislatif tahun 2014. Membandingkan manajemen pendistribusian surat suara pada empat kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Nganjuk dan Kota Surabaya, yang merupakan dua peringkat tertinggi di Provinsi Jawa Timur yang mengalami surat suara tertukar. Peneliti juga melakukan penelitian di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang yang memiliki Dapil DPRD Kabupaten/Kota lebih banyak dan jumlah DPT di atas satu juta pemilih namun tidak terjadi surat suara tertukar. Data primer merupakan hasil wawancara, dan data sekunder diperoleh dari pengumpulan dokumen tertulis. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan adalah teori manajemen logistik. Hasil penelitian menemukan ada beberapa faktor yang menyebabkan surat suara tertukar pada pemilu legislatif tahun 2014. Tidak mengikutsertakan penyelenggara adhoc (PPK dan/atau PPS) dalam proses sortir dan lipat surat suara merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya surat suara tertukar yang mengharuskan dilaksanakannya pemungutan suara ulang. Penelitian ini merekomendasikan agar KPU merevisi SOP tentang penyortiran dan pelipatan surat suara dalam pemilu legislatif, sehingga dapat meningkatkan mutu dari hasil kinerja para petugas sortir dan lipat surat suara yang merupakan faktor penentu dari berhasilnya pendistribusian surat suara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP.18/18 Tri s
Uncontrolled Keywords: Legislatif, Manajemen Logistik, Daerah Pemilihan, Surat Suara.
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IIN TRISTANTI, 071614453023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRamlan Surbakti, Prof., Drs., MA., PhD.UNSPECIFIED
ContributorKris Nugroho, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:33
Last Modified: 07 Feb 2019 02:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79856
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item