PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Kapas, Kabupaten Bojonegoro Tahun Anggaran 2017)

HAPPY NORVITHA A’YUNIN, NIM: 041611323069 (2019) PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Kapas, Kabupaten Bojonegoro Tahun Anggaran 2017). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
KKB KK 2 A 49_19 Ayu p ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK 2 A 49_19 Ayu p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan desa dalam memberdayakan penduduk desa dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pengelolaan keuangan desa. Prinsip “Ikhlas Mengabdi untuk Desa” masih cukup melekat di kalangan masyarakat desa dan terkait dengan beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Kapas, seperti PKK; Karang Taruna; Linmas. Bidang pemberdayaan masyarakat yang didanai dari berbagai sumber dana, termasuk dana swadaya masyarakat, membuat Pemerintah Desa harus menyusun laporan pertanggungjawaban untuk berbagai tujuan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman dengan tiga tahap: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan di Desa Kapas ini cukup baik dengan didukung sumber daya aparatur desa yang baik dan kinerja yang tinggi. Proses perencanaan dan pelaksanaan dilakukan dengan cukup baik dengan partisipasi masyarakat. Pemerintah Desa menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi yang baik saat proses pelaporan dan pertanggungjawaban. Penatausahaan dokumen dilakukan sesuai dengan aturan namun terjadi praktik-praktik yang seharusnya tidak dilakukan oleh Pemerintah Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 49/19 Ayu p
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Partisipasi, Akuntabilitas Desa.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HAPPY NORVITHA A’YUNIN, NIM: 041611323069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantZaenal Fanani, Dr., SE., MSA., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Feb 2019 03:26
Last Modified: 07 Feb 2019 03:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item