SIPOL DALAM PROSES PENDAFTARAN PESERTA PEMILU TAHUN 2019 di KOTA SURABAYA : Suatu Studi Tentang Pendaftaran Partai Politik Dalam Prespektif Pemilu Berintegritas

DIAN TRIA RAHAYU, 071614453019 (2018) SIPOL DALAM PROSES PENDAFTARAN PESERTA PEMILU TAHUN 2019 di KOTA SURABAYA : Suatu Studi Tentang Pendaftaran Partai Politik Dalam Prespektif Pemilu Berintegritas. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TP.27 18 Rah s.pdf

Download (741kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TP.27 18 Rah s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TP.27 18 Rah s.pdf

Download (720kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mencoba untuk mencari bagaimana system informasi partai politik (SIPOL) yang diterapkan KPU dalam Pemilu Tahun 2019 mendukung dalam menghasilkan pemilu berintegritas, dan untuk mengetahui kelemahankelemahan SIPOL sehingga mendorong KPU untuk melakukan perbaikan. Penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya, dengan subjek penelitian yang dipilih seperti Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Surabaya, Kasubbag Hukum KPU Kota Surabaya, Ketua Panwaslu Kota Surabaya, Pengurus partai politik di tingkat Kota Surabaya. Partai Politik yang menjadi subjek penelitian antara lain Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, Partai Perindo, Partai Garuda dan Partai Idaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan wawancara mendalam kepada subjek penelitian. Selain itu informasi berupa data kegandaan keanggotaan partai politik, dan data berupa dokumentasi proses tahapan dan verifikasi, yang ditemukan saat proses pendaftaran juga digunakan oleh peneliti. Studi ini dianalisis menggunakan prespektif pemilu berintegritas dengan 4(empat) indicator transparan, akurat, jujur dan akuntabel. Dari hasil penelitian diketahui bahwa SIPOL yang diterapkan dalam tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019 mampu mendukung KPU dalam menghasilkan pemilu berintegritas. Transparan karena hasilnya bisa diakses semua pihak, jujur karena bisa diperiksa kembali kebenarannya, akurat melalui pendeteksian data keanggotaan ganda, akuntabel karena sebagai media komunikasi dan pertanggungjawaban melalui memberikan jawaban dengan bukti. Kelemahan SIPOL ditemukan dalam sisi sosialisasi, keutuhan informasi yang disuguhkan, sekuritas/levelisasi otoritas, perencanaan dan dari sisi partai perlu perbaikan dalam hal pemeliharaan dan update secara berkala dokumentasi keanggotaan partai politik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP.27/18 Rah s
Uncontrolled Keywords: SIPOL, integritas pemilu, transparan, akurat, jujur, akuntabel, deteksi keanggotaan ganda.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
DIAN TRIA RAHAYU, 071614453019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKris Nugroho, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
ContributorDwi Windyastuti Budi, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2019 03:55
Last Modified: 07 Feb 2019 03:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item