EVALUASI PENERAPAN PROSEDUR BEKERJA PADA KETINGGIAN DI PT HOLCIM INDONESIA TBK. TUBAN PLANT

WAHYU KURNIA SAFITRI, 151511713039 (2018) EVALUASI PENERAPAN PROSEDUR BEKERJA PADA KETINGGIAN DI PT HOLCIM INDONESIA TBK. TUBAN PLANT. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (FULLTEXT)
WAHYU KURNIA SAFITRI 151511713039.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bekerja di ketinggian merupakan penyebab utama kematian di tempat kerja. PT Holcim Indonesia Tbk. Tuban Plant pada proses overhaul memiliki potensi bahaya bekerja pada ketinggian karena dalam proses tersebut melakukan kegiatan perawatan area dengan ketinggian mencapai 150 meter. Prosedur bekerja pada ketinggian perlu dievaluasi untuk memastikan prosedur berjalan dengan baik. Prosedur yang dievaluasi khususnya prosedur bekerja menggunakan perancah. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk Mengevaluasi penerapan prosedur bekerja pada ketinggian di PT. Holcim Indonesia Tbk. Tuban Plant. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan observasional. Subjek penelitian yaitu 3 safety officer, 8 scaffolder dan 15 supervisor perancah, sedangkan objek penelitian adalah 12 perancah yang didirikan di area preheater. Lokasi pengambilan data dilakukan di area preheater Tuban II PT Holcim Indonesia Tbk. Tuban Plant dan pengambilan data dilakukan pada bulan Maret sampai April 2018. Evaluasi dilakukan berdasarkan peraturan yang dimiliki oleh PT. Holcim Indonesia Tbk. Tuban Plant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur bekerja menggunakan perancah di area preheater Tuban II secara keseluruhan dalam kategori baik (74,7%). Prosedur tersebut terdiri dari pemasangan perancah dengan kategori cukup (66,7%), pemeriksaan perancah dengan kategori baik (100%), penggunaan perancah dengan kategori baik (91,7%), dan pembongkaran perancah dengan kategori cukup (44,4%). Faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya prosedur bekerja menggunakan perancah antara lain adalah kesalahan persepsi, jumlah inspektor yang kurang, kurangnya pengawasan, dan kurangnya sosialisasi rutin. Perusahaan disarankan untuk menambah karyawan ahli dalam bidang inspektor perancah, melakukan inspeksi secara berkala, dan Pemberian refreshment materi secara berkala mengenai prosedur bekerja menggunakan perancah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.15/18 Saf e
Uncontrolled Keywords: Prosedur bekerja pada ketinggian, perancah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU KURNIA SAFITRI, 151511713039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:13
Last Modified: 01 Mar 2019 01:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79871
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item