FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA AREA MID PROYEK 88 AVENUE

MUHAMMAD MIFTACHUL FAUZI, 151511713022 (2018) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA AREA MID PROYEK 88 AVENUE. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text (FULLTEXT)
MUHAMMAD MIFTACHUL FAUZI 151511713022.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan gedung mid proyek 88 Avenue Surabaya memiliki berbagai potensi bahaya meliputi bahaya fisik, kimia, biologi, ergonomi dan psikologi. Alat Pelindung Diri merupakan salah satu upaya pengendalian bahaya. Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) telah menjadi suatu kewajiban bagi seluruh pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan APD pemakaian Alat Pelindung Diri pada pekerja area mid proyek 88 Avenue. Penelitian ini bersifat obervasional analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel adalah 62 pekerja yang didapat melalui random sampling. Variabel yang diteliti adalah karakteristik pekerja (umur, tingkat pendidikan dan masa kerja), faktor presdisposisi (pengetahuan dan sikap kerja), faktor pemungkin (ketersediaan APD) dan faktor pendorong (dorongan petugas K3 dan rekan kerja). Hasil penelitian menunjukan bahwa dari total sampel 62 pekerja, sebagian besar tidak patuh terhadap pengggunaan APD sebanyak 40 pekerja (64,5%). Pekerja paling banyak berada pada rentang umur25-30 tahun (37,1%) , memiliki latar belakang pendidikan SMP (40,3%), serta telah bekerja selama 4-5 bulan(33,9%). Kebanyakan pekerja memiliki pengetahuan baik mengenai APD (40%) dan memiliki sikap peduli terhadap penggunaan APD (48%). Pekerja (67,7%) menyatakan bahwa ketersediaan APD sudah baik. Tidak adanya dorongan dari petugas K3 yang berupa pelatihan mengenai penggunaan APD (71%) melainkan hanya ada penyuluhan (88,7%), pengawasan (83,9%), pemberian sanksi (80,6%). Selain itu, terdapat dorongan dari rekan kerja berupa menegur rekan kerja jika mengetahui tidak menggunakan APD (87%). Dari sebelas variabel yang diteliti masa kerja, pengetahuan, pelatihan dan pemberian sanksi merupakan faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), sedangkan faktor lainnya tidak terdapat hubungan dengan kepatuhan penggunaan APD. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan adalah menambahkan jumlah sumber daya manusia untuk petugas K3, menambahkan pemasangan sign mengenai APD untuk meningkatkan pengetahuan pekerja, mengadakan pelatihan mengenai penggunaan APD secara rutin yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pekerja dan mempertegas pemberian sanksi terhadap pekerja yang tidak patuh terhadap penggunaan APD.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.17/18 Fau f
Uncontrolled Keywords: faktor, kepatuhan, Alat Pelindung Diri (APD)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUHAMMAD MIFTACHUL FAUZI, 151511713022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:54
Last Modified: 01 Mar 2019 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item