DISTRIBUSI FOMULIR MODEL C6 PADA PILGUB PROVINSI KALIMANTAN UTARA TAHUN 2015 DI KOTA TARAKAN (Studi Tentang Malapraktik Pemilu Dalam Perspektif Kesetaraan Antar Warga Negara)

ROBIANSYAH, 071614453029 (2018) DISTRIBUSI FOMULIR MODEL C6 PADA PILGUB PROVINSI KALIMANTAN UTARA TAHUN 2015 DI KOTA TARAKAN (Studi Tentang Malapraktik Pemilu Dalam Perspektif Kesetaraan Antar Warga Negara). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TP.33 18 Rob d.pdf

Download (101kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TP.33 18 Rob d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TP.33 18 Rob d.pdf

Download (190kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji tentang malapraktik yang terjadi pada pendistribusian formulir model C6 (surat pemberitahuan pemungutan suara) kepada pemilih di Kota Tarakan dalam Pilgub Provinsi Kalimantan Utara yang melibatkan KPPS. formulir model C6 merupakan sarana informasi yang diberikaan oleh penyelenggara kepada pemilih untuk datang ke TPS dalam memberikan hak pilihnya. Apabila pendistribusian ini mempengaruhi pemilih untuk tidak datang menggunakan hak pilih maka proses konversi suara menjadi kursi tidak terlaksana dan lalainya penyelenggaran pemilu dalam menjamin kesetaraan antar warga negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan dua cara yakni indepth interview dan indentifikasi kembali Berita Acara pengembalian formulir model C6 dari PPS. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana malapraktik distribusi formulir model C6 dan mengevaluasi pendistribusian formulir model C6 yang dilaksanakan oleh KPPS di Kota Tarakan. Penulis menemukan fakta bahwa malapraktik melibatkan penyelenggara di tingkat bawah, non penyelenggara, pemilih dan desain formulir sehingga menyebabkan peluang malapraktik dan kelalaian terjadi. Permasalahan tersebut menyebabkan integritas dalam proses pemungutan menjadi tidak terjamin. Untuk itu diperlukan langkah antisipasi kecurangan (electoral malpractice) dan evalusi dalam pendistribusian formulir model C6 sesuai dengan standar pemilu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP.33/18 Rob d
Uncontrolled Keywords: Malapratik, Pendistribusian Formulir Model C6, Kesetaraan Antar Warga Negara, Integritas Pemilu.
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROBIANSYAH, 071614453029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKris Nugroho, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
ContributorSiti Aminah, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:06
Last Modified: 07 Feb 2019 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item